Rabu, 20 Mei 2020

Hai Ayah, apa kabar disana?

Yah, aku mau cerita.
Hari ini 20 Mei 2020, tepat 8 hari ayah pergi ninggalin aku, mamah, dan keluarga kita.

Jujur, aku gak pernah menyangka kalau Ayah beneran pergi ninggalin kita, tanpa pesan apapun. Karena kalau kata kakak kan setiap Ayah sakit dan drop masuk rumah sakit biasanya Ayah bisa sembuh lagi dan sehat lagi.

Ayah, aku udah lama banget gak nulis.
Tapi kali ini banyak yang mau aku utarakan yang gak bisa aku ungkapkan kepada siapapun, aku si anak cuek ini kangen banget sama Ayah.

Pagi itu ketika abang telfon ke rumah dan bilang kalau Ayah udah gak ada nafasnya, aku masih husnudzon di rumah sakit pasti ada alat bantu nafas atau pacu jantung yang bisa bikin ayah hidup lagi.

Tapi, gak sampe 5 menit di group keluarga abang nulis

“Innalillahi wa innailaihi rajiun”

Aku langsung lari ke kamar mamah dan bilang
“Mah, ayah udah gak ada :”(“

Tapi disitu aku belum nangis, aku masih berusaha setegar mungkin dan aku jemput kakaku untuk sama-sama ke rumah sakit, kakak udah gak bisa nahan air matanya denger kabar kalau ayah udah pergi.

Dan akupun cuma bisa jadi penguat kala itu untuk mamah dan kakak di sepanjang perjalanan dari rumah ke rumah sakit.

Sesampainya aku ke ruangan ayah, dan lihat ayah ditutupun kepalanya. Aku masih gak percaya kalau ayah udah gak ada.

Ayah adalah sosok yang paling kuat yang aku tau.

Tapi pagi itu tepat 19 Ramadan, ayah bener-bener pergi ninggalin aku dan aku gak bisa nahan air mata lagi melihat ayah terbujur kaku di tempat tidur.

Gak berapa lama kemudian petugas dari kamar jenazah bawa ayah pergi dan aku masih berusaha berdiri dan gak nyangka kalau ayah ninggalin kita.

Yah, makasih yah 71 tahun ayah hidup. Ayah banyak banget ngasih pelajaran ke aku, meskipun ayah pergi sekarang, tapi peran ayah untuk aku, mamah, dan semua keluarga gak pernah sedikitpun hilang.

Aku selalu inget ayah nganter-jemput aku pas aku SMP dan SMA, dulu belum ada HP kan yah? Tapi ayah gak pernah bikin aku jalan kaki ke rumah, ayah rela nungguin aku di depan sekolah. Makasih ya yah :’)

Ayah juga superhero aku pas kuliah, aku dua kali kehilangan laptop, dan yang kedua kalinya aku udah gak mau kuliah lagi saking hopelessnya, tapi tangan ayah yang bikin aku bisa bangkit lagi, ayah yang mau ngorbanin apapun untuk kuliah aku. Makasih banyak ya yah.

Yah, Masjid AnNur yang dulu saat ayah muda ayah perjuangin pembangunannya sekarang sudah berdiri kokoh yah, kemarin ketika ayah disholatkan jenazah imam masjid sekaligus sahabat ayah nangis dan bilang peran ayah sangat penting buat masjid ini. Makasih ya yah.

Yah, anak-anak yatim di rumah juga gak pernah lupa dengan peran ayah selama ini ngerawat mereka. Semoga mereka jadi anak-anak yang sholeh dan sholehah ya yah, biar tabungan pahala ayah juga tetep sampai ke ayah dari mereka.


Yah, sekarang aku nemenin mamah, kita cuma berdua di rumah. Mamah tegar dan sayang banget sama Ayah, Maafin kita ya yah kalau kemarin saat ayah sakit kita berdua yang di rumah masih belum maksimal jagain dan ngerawat ayah.

Terutama maafin aku ya yah.

Maafin pia  yang banyak banget dosanya sama ayah, semoga ayah pergi dengan damai, Allah sayang sama ayah, makanya Allah ambil ayah duluan karena Allah gamau liat ayah sakit lagi.

Ayah sosok yang hebat apalagi ketika berjuang belasan tahun melawan penyakit ayah dan minum obat belasan tahun.

Pia cuma mau bilang, meskipun ayah udah gak ada lagi di sisi kami, pia selalu percaya kalau ayah selalu mendampingi kami di setiap langkah kehidupan kami.


Sampai bertemu di Surganya Allah ya yah,
Pia Janji bakalan jadi anak yang sholehah biar bisa ketemu ayah di Surga.
Dan bakalan jagain mamah untuk Ayah.

I love you Ayah.


Ditulis pada 27 Ramadan 1441 H. 

1 komentar:

  1. Semoga Ayahnya ade ditempatkan yg terbaik di sisi Allah swt. Keep strong beb

    BalasHapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates