Senin, 15 Oktober 2018


"Bagaimana kita bisa takut dalam kesendirian? Sedang pada hakikatnya, kesendirianlah yang paling setia memeluk kita." (anonymous)

Tepat 3 hari yang lalu, adik tingkat gue waktu dikampus request tulisan lagi, tulisan tentang "kesendirian". Dia nantangin gue buat nulis, kata-katanya kurang lebih begini "coba kak Ade, ceritain pengalaman kak ade jalan-jalan sendirian".

Oke
Challenge Accepted

Hmm.. sesuai dengan judul, sebenernya ini juga pertanyaan buat diri gue sendiri "Emang kenapa sih kalo sendirian?" menjawab pertanyaan ini gue yakin setiap orang punya jawaban yang beda-beda, ada yang emang individualis dan sukanya sendiri aja, ada juga orang yang gak bisa sendiri maunya rame-rame atau ada temennya, ada juga orang yang seperti gue (50:50) bisa sendirian bisa juga rame-rame, meskipun dalam hati gue ialah "pengennya sih ada temennya" walaupun pada kenyataannya tetap sendiri wkwk

Akhir-akhir ini, sebenernya hati gue cukup resah dengan kesendirian ini, sampai-sampai pas gue cerita sama temen gue namanya Aisyah, gue bilang aja sama dia "Aisyah, aku bosen deh sendirian melulu" terus dia malah bilang "coba ya, aku di Jakarta de, aku temenin deh kamu hehe". Btw, sebenernya di kondisi sekarang, bukan berarti gue gak punya temen ya, maksudnya entah di Jakarta kaya sekarang ini, sebenernya temen mah ada aja, cuman entah kenapa temen nya tuh gak kaya temen-temen di Malang, makanya kalau di Malang bisa dipastikan gue jarang main sendirian, lebih sering ngajak anak-anak kontrakan, atau temen-temen organisasi.

Cuman, kalau sekarang mau ngajak siapa coba? hahaha
Back to the Topic, sebenernya ditulisan ini gue bakalan menceritakan dari sudut pandang ade tentang "kesendirian". Bagi gue, sendiri itu gak masalah, semasih kita pd-pd aja. Maksudnya, kan banyak tuh orang yang gak berani jalan sendirian, ke kafe sendiri, ke mall sendiri dan melakukan hal-hal lain sendiri karena mikirnya "gak berani dan gak pd". Tapi, kalau menurut gue semasih bisa dilakukan sendiri dan ga ngerepotin siapa-siapa (why not?), sendirian itu tidak selalu menyedihkan kok, kadang ketika kita pergi sendiri, entah kenapa bakalan banyak yang bisa di explore, waktu juga lebih fleksibel karena gak ketergantungan sama orang lain, gak janjian sama siapa-siapa, and we are leader of the journey, jadi semuanya di kuasa kita, ketika kita harus memutuskan sesuatu kita gak harus pusing karena semuanya bisa kita putuskan sendiri, dan banyak hal lainnya yang bisa kita dapatkan kalau pergi sendirian. 
[COBAIN DEH]


  • Bali, diumur 19 tahun
Kalau berbicara tentang pengalaman jalan-jalan sendiri, mungkin udah gak bisa dihitung, terlebih sejak kuliah, gue termasuk sering banget explore beberapa kota sendirian, contohnya pas di semester 2 gue kuliah, Alhamdulillah punya Om yang tinggal di Bali, dan waktu itu sempet semingguan liburan di Bali, beneran sendirian dari Malang dan pas di Bali, hampir >50% kemana-mana itu sendiri, ketika waktu itu orang-orang belum familiar sama Pandawa Beach, diumur gue yang masih 19 tahun, gue udah explore itu pantai sore-sore sendirian, sambil bawa buku novel nya tere liye yang judulnya "Bumi", terus di Bali juga pernah ketilang sama pak Polisi karena gak punya SIM, dan explore pasar seni sukawati sendirian. Beneran sendirian dan semuanya bikin cerita yang lumayan seru di dalam hidup gue.


@PandawaBeach, July 24th 2014


Sunset @KutaBeach


  • Pare Kampung Inggris (diumur 20 tahun)
Liburan semester 3, kampus gue mewajibkan mengambil mata kuliah Bahasa Inggris, dan gue inget banget ketika liburan semester, menuju ke semester 4, gue sempet kursus di Pare selama sebulan buat speaking dan grammar, dan itu literally sendirian. Gak bareng siapa-siapa, dan ketemu temen-temen disana juga pas udah sampe. Bagi gue, waktu itu ialah "kenapa harus takut sendiri? kan ini belajar toh?" jadi waktu itu beneran modal nekat dan experience belajar di kampung Inggris luar biasa bikin mata kuliah bahasa inggris gue A semua. hehe


Gumul, diumur 20 tahun


  • Singapore (diumur 21 tahun)
Seinget gue, akhir Juli- awal Agustus 2016 Allah ngasih kesempatan lagi buat gue buat berkunjung ke negeri tetangga, Singapore. Meskipun di SG gue punya kakak yang tinggal disana, cuman selama ada di SG 50% perjalanan yang gue lakukan ialah sendirian, karena pas diumur 17 tahun (XI SMA), pertama kalinya ke SG bareng sepupu, dan jalan-jalan selalu sama sepupu gue. Tapi kali ini, berusaha menantang diri sendiri, bisa gak anak semester 4 sendirian ke SG dan explore SG sendirian, dan Alhamdulillah semuanya udah gue lewatin, gue ke NTU (nanyang technological university) sendirian, main ke explanade sendirian, explore national gallery of singapore juga sendiri, dan semuanya baik-baik aja.


Universal Studio Singapore, 2016



National gallery of Singapore, taken by myself


  • Malaysia (diumur 22 tahun)
Jadi, Alhamdulillah pas gue semester 8, tepatnya after sidang Skripsi, gue berkesempatan ikut student exchange ke UKM selama sebulan,UKM itu salah satu top 5 university di Malay, yang berlokasi di Selangor (semacam UI nya malaysia gitu). Meskipun kesana gue gak sendirian, tapi bareng anak-anak UIN sebanyak 20 orang, gue termasuk sering jalan-jalan sendiri pas di Malaysia, seinget gue ada 3 kejadian explore Malaysia sendirian.
>Ke IIUM (International Islamic University Malaysia)
Seinget gue selama 5 hari weekday disana, kita dapet libur 1 hari di weekday buat gak masuk kelas, biasanya temen-temen yang lain lawatan (visit company or else), dan kita bisa bebas mau ngapain, dan gue baru inget, kalau punya kakak tingkat dulu di UIN yang kuliah master di IIUM, yaudahlah siapa coba yang gak suka silaturahim? jadi langsung gue contact mbak nya, dan langsung meluncur ke IIUM sendirian dari UKM.


taken by mbak ragwan
>Belajar sendirian di Subway Selangor Seksyen 1
Jadi ceritanya, waktu itu abis ashar gue gabut mau ngapain, sedangkan ada assignment writing yang harus di submit besok, karena library UKM gak kondusif kalau udah malem, dan gue suka banget sama Subway, akhirnya sore-sore dengan kenekatan dan uang pas-pas an gue pergi naik grab car ke seksyen 1 bangi, dan konyolnya gue gatau kalau uang di atm beneran udah habis, dan waktu itu sama sekali gakpunya cash lagi, sebenernya udah husnudzon kalau kakak gw yang di SG bakalan TF, tapi ternyata uang nya gak masuk cuy :'( itu beneran panik banget gak bisa pulang, sekitar jam setengah10 malem jam malay, untung Allah sayang sama gue, gak dibiarkannya gue jalan kaki balik ke asrama sendirian, dan bisa pulang naik grab dengan aman. Alhamdulillah :))


>Muter-muter Bangi di Sabtu Siang
Ini beneran paling absurd, jadi dihari sabtu gue bosen banget di bilik (read:kamar), dan tergiur promo grab car yang lumayan banget, akhirnya gue tanpa tujuan explore mall-mall di Bangi sendirian, cuman berujung nongkrong di Mcd dan cukup dapet banyak gambaran sih tentang kebiasaan orang-orang melayu, bahkan pas di Mcd gue sempet ketemu seorang pengemis, yang direct minta didalem mcd lho, perasaan kalau di Indo, ga ada yang berani pengemis minta-minta sampai masuk-masuk mcd kan? tapi itu nyata adanya pas gue di Malay. warbiyasah haha


***
Nah itu beberapa cerita perjalanan gue sendirian, tapi sebenernya banyak lagi yang bisa diceritain apalagi di tahun 2018 ini, udah sangat-sangat biasa ke Mall sendirian, makan di mall sendiri, nonton bioskop sendiri, terus pernah beli tiket buat 2 orang nonton nya sendiri coba -,- haha, kursi satunya buat tas, terus yang paling sering ialah pulang kantor ke kafe sendirian buat "nulis". Semuanya sendirian dan sebenernya fine-fine aja, malahan gue suka bingung kalau ke kafe buat nulis tapi sama temen, soalnya kan emang fokusnya bakalan sama laptop ya,  jadi buat apa ada orang di sebelah kita? Enakan sendiri sih :)

So, buat kalian yang suka menanyakan "kenapa lebih sering sendirian?" 

ini jawabannya 
:)

Thankyou for reading all, 
ditunggu komentarnya di kolom dibawah yaa

9 komentar:

  1. "...Aisyah, aku bosen deh sendirian melulu"

    Saya malah menangkap "kode" dalam kalimat di atas wkwk

    BalasHapus
  2. Ada kode keras tuch di kalimatnya, siap2 nih kakak2nya..����

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe terbaca nampaknya ya yuk?
      iyanih harus siap-siap wkwk

      Hapus
  3. Ku jdi terinspirasi buat nulis ini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, thankyou sudah mampir dan baca ya :)
      ditunggu tulisannya..
      alhamdulillah klau jadi terinspirasi :)

      Hapus
  4. aku udah niruin pergi sendirian kak, tapi ya pasti ada tujuannya mo kemana, kalo yang ga ada tujuannya ngegabut kyk kak ade waktu di bangi belom pernah wkwk pen nyoba juga wkwk seru kyknya, emang klo sendirian tuh ga ribet jd sering diskusi sm diri sendiri wkwkwk beda klo pergi sm temen kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya seru, kadang suka banyak pelajaran2 dan kejutan2 yang gak diduga2 dari ke absurd-an kalau pergi sendirian wkwk (makanya dicoba)
      oia pergi sendirian juga bikin kita lebih kenal diri sendiri, all decision cause of me not others or anyone :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates