Rabu, 24 Januari 2018



"De? udah lulus kuliah ya? Ngapain Sekarang?"
"De, katanya mau S2, udah sejauh mana persiapannya?"
"De? Jadi ke Auckland?"
"De? Serius Sekarang kamu udah kerja?"

De?
De?

Assalammualaikum Semuanyaa..
Hallo Teman-Teman yang Baik Hatinyaaa

Bagaimana? Sudah baca prolog diawal? hehe
itulah pertanyaan-pertanyaan yang datang ke hari-hari gue beberapa minggu terakhir ini, Alhamdulillah setelah lulus kemarin (Baca Cerita Lengkapnya disini), Allah tidak membuat gw banyak bersantai-santai, karena ternyata Allah meminta gw untuk naik level setelah kuliah yaitu bekerja.

Officially bekerja layaknya wanita karir pada umumnya,
berangkat ke kantor jam 8.30 am dan pulang dari Kantor jam 18.30 pm
MasyaAllah ya?

Sebenernya gw sama sekali tidak bercita-cita untuk menjadi wanita karir, atau bekerja di sebuah kantor, kecuali kantor gw sendiri nanti, tapi ternyata jalan yang gw pilih sekarang membuat beberapa orang bahagia, termasuk gw.

Gw bersyukur banget sebenernya, disaat banyak temen-temen gw setelah lulus, masih susah dapet kerja, dan gw sebagai fresh graduate bisa bekerja di sebuah kantor yang sangat berhubungan dengan jurusan gw sekarang

Perkenalkan,
nama rumah kedua gw,
PT. Minova Infotech Solution #yuk kepoin :)

Bagaimana Ceritanya gw bisa kerja disini?
Jadi ketika gw sedang gabut, setelah skripsi kelar dan menunggu jadwal wisuda di akhir november, 
gw yang berstatus menjadi job seeker kala itu, yang kerjaan nya ke kafe buat wifian padahal nyari kerja di jobs street dkk, tapi malah dapet info kerjaan ini dari group line sma, group ipa2, jadi gw punya temen yang namanya ozan, dan ternyata dia kerja di minova, terus dia share loker nya kan, yaudah langsung gw apply, cuman setelah menunggu hampir sebulan, malah ga ada respon , eh tau tau nya si ozan ini share loker lagi di group, dan gw tanyain yg kemarin, sampai akhirnya dia ngasih email orang hrd nya langsung, dan setelah gw dapet emailnya langsung gw apply lagi, dengan posisi yang berbeda, yang awalnya gw ngelamar jd business analys, kali ini gw ngelamar jadi .net developer, yang sebenernya gw aja ga terlalu ngerti, apaan itu .net hahaha

Menunggu beberapa hari, akhirnya ada email masuk dari minova, kalau gw diminta untuk interview, wah gw udah ga kebayang seneng nya, karena sebenernya waktu itu gw setiap minggu pasti ada jadwal interview, dan gatau pas dikabarin yg ini, gw seneng aja, soalnya posisi kantornya deket dari rumah kakak gw di serpong

Waktu Interview, yg di set jam 10 pagi, diundur jam 14. dan, gw gak telaat dong, haha
soalnya ini gaboleh banget interview telat #ingatyatemanteman

Sebelum Interview, kita dikasih soal logika gitu, harus ngerjain dalam waktu 20 menit, gw kira soal psikotest ternyata bukan, pas ngerjain gw beneran teliti banget, dan maksimal. dan waktu itu juga ada 3 orang cowok, temen kuliahnya si ozan yang ikutan interview. Karena gw yang dateng pertama, akhirnya gw yang interview duluan, interviw bareng 2 manager, namanya mas taufan dan mas kindy, pas interview ditanya-tanyain lah, tentang background gw, terutama academic dan skripsi, waktu itu gw juga cerita baru abis exchange dari malaysia, dan pas gw cerita itu, mas2 ini excited banget, Alhamdulillah jadi ada nilai lebih

Setelah Interview, gw pulang dengan penuh harap, semoga aja ini berhasil, karena interview yang kemarin2, selalu tidak jelas kabar nya

Menunggu berhari-hari, sampai 2 minggu, akhirnya dihubungi lagi sama HRD buat dateng interview lanjutan, dan langsung sama direksi nya. So, waktu itu gw juga dateng awal dan ada 2 orang yang interview, via dan khabi. Via ini temen kuliah nya Ozan di mercubuana, kalau Khabi mahasiswa S2 Esa Unggul yang kemarin kerja di anabatik.

Pas Interview dengan direksi, ternyata direksinya ada 2, ibu linda dan pak heriyas, yang secara umum pertanyaan nya ga jauh dengan interview gw yang sebelumnya, dibahas CV dan berkas2 gue, tapi waktu itu gw inget banget sama pak heriyas ditanyain tentang ERP, dan sebelumnya baru gw bahas sama si Via, karena gw lupa lupa inget, untungnya bisa jawab, meskipun sengertinya hehe

Selesai Interview,
gw menunggu lagi
ya sekitar 2 minggu, namun pas gw lagi di malang, karena besoknya gw wisuda
gw dikabarin kalau gw diterima kerja di minova, meskipun masih kontrak 1 tahun

Alhamdulillah, ini beneran kabar bahagia banget sih buat ortu gw waktu itu, anaknya besok wisuda dan sehari sebelumnya udah dapet kerja #Alhamdulillah
Mungkin ini semua gak lepas dari doa-doa tulus mereka buat gw setiap hari nya sih

Oke, kali ini gw akan cerita tentang kantor gw
kita sering sebut minovais, atau kalau disingkat minova infotech solution
sebenernya pas gw tanya sama ozan, ini kantor apa, dia ga terlalu ngejelasin, sampe gw kerja dihari pertama baru deh gw ngerti, kalau kantor ini adalah kantor penyedia jasa teknologi HR (Human resource) atau kalo orang2 nya disebut HRD, yang ga hanya HR Information System (HRIS) aja produknya tapi banyak yang lain nya

dan pas gw tau ini kantor menjual produk HR, yang ternyata sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, gw baru paham, betapa IT itu solusi dari segala hal hehe

Gw diterima kerja menjadi .net Developer, dan masuk bagian divisi Developer Project, jadi di minova developer terbagi dua, developer product dan developer project, yang gw tau developer product itu yang menciptakan product nya minova yang kaya HR, ERP, dkk kalau Developer Project (team gw) yang mengerjakan custom2 dari client-client minova

Yang Gw lakukan sejauh ini, masih gak jauh-jauh dari buat Report..
Jadi kan product kantor gw display nya berbasis Web, nah di web tersebut kan banyak menu nya tuh, salah satu nya menu Employee, nah nanti ada sub menu Employee Report, nah itu banyak banget report-report kaya SK, Kontrak Kerja, Education, dll


nah gw kerja nya buat bagaimana report-report itu yang awalnya word atau excel, bisa menjadi sebuah sistem, yang dimana tinggal input ini dan itu, panggil ini dan itu, dan jeng jeng langsung keluar hasilnya

Ya Begitulah, susah juga sih ngejelasin nya
*kayanya kita duduk bareng dulu sambil minum air putih deh, baru jelas hahaha

Kenapa, gw bilang kantor gw ini sekarang rumah kedua?
karena, gw ngerasa waktu gw lebih banyak dihabiskan dikantor, dibanding dirumah,
dirumah gw cuma istirahat, sedangkan dikantor ya segalanya, gak kerja aja, ibadah juga lebih banyak disini

Alhamdulillah, udah mau 2 bulan kerja disini
sejauh ini enak sih, gw disini belajar banyaaaaakk banget, bukan tentang teknologi atau kerjaan yang tiap hari gw kerjain aja, tapi tentang orang-orang nya
entah kenapa karena karyawan dikantor gw sedikit (ga sampe 30 orang) dan kantor juga gak gede-gede banget, di Ruko Bidex
Jadi bikin kekeluargaan nya itu bisa dibilang hangat

Kenapa gw bilang hangat? mungkin karena ceweknya sedikit ya, ceweknya itu cuma
ade, mba yoma, indah, mba yuni, mba yaya, mba iis, dan mba yana.
cuma 7 orang, dan 1 lagi bu Intan, totalnya 8
Sedikit kan?

Selainnya karyawan cowok, 

Oia, Btw, kantor gw cuma 3 lantai, lantai 1 lobby , ruang meeting kecil, dan ruang meeting besar
lantai 2, ruang direksi, dan ruang team functional, client support, dan admin
lantai 3, ruang team developer

yang dimana, lantai 3 itu yang paling kenceng ngerasain gempa, hehehe

Kalau keseharian gw dikantor, ya biasa aja sih, dateng jam 08.30 terus absen, abis itu minum yogurt buka laptop, dan kerja sampe jam 12, jam 12 waktu istirahat biasa dipake makan dan sholat atau nonton youtube,  abis itu kerja lagi sampe waktu ashar, terus holat berjamaah, abis itu kerja lagi sampe waktu magrib, tapi biasanya jam 5 udah off, tapi tetep dikantor nunggu sholat berjamaah dan pulang

Kerjaan nya santai sih, gw ngerjain task yang dikasih mas kindy, terus kalau bingung dan gak bisa, nanya ke mas nana atau mas mae atau mas midi, pokoknya tanya dan nanti dengan baik dan sabarnya mereka bakalan bantuin

Oia Tantangan kerja di minova adalah, gw harus belajar menghadapi orang-orang yang jauh berbeda dibanding gw dulu kuliah, beneran beda banget, dan gw harus terbiasa berada dilingkungan heterogen, doain ya semoga bisa baik terus dan bahagia terus

pokoknya kerja itu yang penting keberkahan nya, bahkan waktu kerja pun gak berasa, baru dateng pagi, tiba-tiba sore dan pulang, dan besokpun begitu, gajian juga cepet kok, tiba2 gajian, meskipun habisnya juga cepet hahaha

Pokoknya Doain gw ya , semoga bisa menjadi ladang pahala kerja disini, dan bisa menjadi muslimah yang bisa bergerak dimanapun. Aamiin

thankyou sudah mampir, baca, jangan lupa tinggalkan jejakmu di bawah ya
--mari kita Sharing---

Bye...
Wasalammualaikum





2 komentar:

  1. Barakallah ade.. Lika liku kehidupan harus tetep di jalani. Semoga istiqomah. Semangaaaaattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya syukron yaa.. jazakillah. kamu juga semangaaaat ❤

      Hapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates