Rabu, 21 Februari 2018

# : Kamu tau kenapa kamu harus Kaya?
* : Kenapa? 
# : Karena dengan kamu Kaya, kamu lebih mudah berbagi. Bukannya satu-satunya kesempatan berbagi hanyalah di Dunia?
😊😊😊 

Holaaa teman-temaaaan.. gimana kabarnyaa? Baiikk kaan.. 
mohon maaf ya, tulisan kelas kreatif kali ini agak telat nih. huhu
mohon dimaklumi lah ya, banyak query-query dikantor yang harus di dahulukan hehe 💻

Oia kembali ke topic, jadi seminggu yang lalu tanggal 15 Februari 2018, jam setengah delapan malam gw sama temen-temen gw yang baru ketemu sekali, dipertemukan lagi untuk kedua kali nya dalam kelas kreatif episode 2. Alhamdulillah, kelas kreatif kali ini yang bertema 'Kaya dari Karya' dapat mendatangkan lebih banyak narasumber yang begitu luar biasa, seperti js_khairen penulis buku 30 paspor, lalu bang alfan entrepreneur sukses di bidang agronomi, dan terakhir mas angga EO terkenal yang kisah hidup nya luar biasa.

Kelas Kreatif kemarin selain menghadirkan narasumber yang begitu luar biasa, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah narsum utama kita yaitu bang Fahd Pahdepie. Udah pada tau kan siapa bang fahd? kalau belum cek cerita kelas kreatif episode 1 disini yuk.

Minggu lalu Bang Fahd memulai kelas kreatif dengan mengajak beberapa peserta bermain game, sebuah game sederhana yang berisi pertanyaan-pertanyaan hidup *eh kok tentang hidup sederhana sih? haha. Kemarin ada 4 orang yang main, 2 perempuan dan 2 laki-laki salah satunya bang Alfan(entrepreneur muda), yang ditunjuk langsung oleh bang Fahd untuk main.

Setelah bermain game, bang fahd membahas tentang
Social Priviledge
apa sih Social Priviledge, kalau diartikan kedalam bahasa indonesia yaitu Keuntungan Sosial. Jadi, menurut bang fahd setiap orang itu punya keuntungan sosialnya masing-masing, tanpa kita sadari. Contohnya apa sih de?
Contohnya itu seperti keluarga, teman, tetangga, teman kampus, teman kantor, dan ranah sosial yang kita punya, apapun itu. Kalau kamu di sosmed terkenal dan banyak followers nya itu juga merupakan keuntungan sosial lhoo, dan percaya deh kalau kita bisa memanfaatkan keuntungan sosial ini dengan sebaik-baiknya, pasti jalan kita untuk memulai business atau apapun akan lebih mudah. Ya coba aja kalau kita mau mulai jualan kaos misalnya, pasti yang pertama kali kita tawarkan adalah orang-orang disekitar kita. bener gak?
Oleh karena itu, kita harus sadar social priviledge kita itu seberapa besar, semakin kita melek punya keuntungan ini semakin kita bisa mendekati kesuksesan kita (insyaAllah)


Selanjutnya yang dibahas di kelas kreatif kemarin adalah tentang Karya Raya, jadi bang fahd kasih kita 4 kunci untuk menjadi Karya Raya. kamu mau tau apa aja kuncinya? 

1. Investment (Investasi)
Semua orang pasti udah paham apa itu investasi kan ya, kalau belum coba cari deh di google apa makna investasi. So, menurut bang fahd kunci untuk karya raya yang pertama ialah investasi, dan investasi itu gak selalu materi loh, banyak hal selain materi yang bisa menjadi investasi, kalau kemarin yang dicontohin bang fahd ialah ketika beliau menulis buku, sebenarnya banyak hal lain yang dipikirkan terutama hal ekonomi, dan beliau mengatakan buku juga nilainya bisa sama dengan investasi yang lain. Analogi nya seperti ini : Kalau penulis bisa menciptakan 1 buku dalam satu tahun, lalu buku itu bisa laku misal 100rb eksemplar, dan royalti dari buku itu kira2 10%, berarti kalau kita ibaratkan harga bukunya 60rb maka 10% nya ialah 6ribu dikali 100rb eksemplar dalam 3 bulan, maka penulis bisa mendapatkan 600 juta rupiah, dan itu baru 1 buku. Bagaimana jika si penulis setahun bisa mengeluarkan 3 buku? ya hitung saja, mungkin investasi nya bisa setara harga apartemen yang premium.

Itu baru investasi buku, belum lagi lukisan, design visual, dan karya-karya yang lain. Yakin kamu gamau investasi?

2. Consious (Sadar)
Kunci yang kedua ialah sadar. Pasti bingung ya apasih maksudnya sadar? Jadi kata bang fahd untuk menjadi orang yang karya raya, kita harus menjadi pribadi yang lebih sadar, terlebih dalam membeli apapun. Pernah denger gak? ada orang yang boros dan dia bisa jadi kaya? paling yang begitu cuma cucunya bill gates ya. Kita lebih banyak mendengar orang kaya ialah orang yang bisa hemat dan memiliki pribadi yang sadar khusus nya dalam hal beli-membeli. Terutama perempuan ya, ada discount dikit aja, pasti gak sabar buat langsung gesek.. haha

3. Hidden Income 
Yang ketiga adalah penghasilan yang tidak terlihat. Jadi alangkah lebih baiknya kita sadar untuk mengambil peluang ini, karena sebenarnya banyak sekali hidden income yang kita tidak tau. Contohnya ada temen nya bang fahd yang bekerja di daerah sudirman, setiap senin sd jumat ia ke kantor dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam, tapi karena ia dapat melihat peluang akhirnya karyawan itu menambah penghasilan nya dengan bergabung pada transportasi online, menjadi driver sebelum masuk kantor. Kalau ia sehari saja bisa 3 jam keliling, mungkin 150rb juga bisa jadi hidden income. Buat ganti bensin udah lumayan banget kan ya?

4. Start your own Business
3 kunci diatas tidaklah cukup kalau hanya menjadi teori dan materi saja, tanpa kita mulai maka itu hanya terbang di udara, tetapi jika kita bisa memberi kaki kepada gagasan yang ada, kepada bisnis yang kita ingin ciptakan. Maka, kita hanya sedang menunggu waktu apakah bisa menjadi Karya Raya?

---
Ya begitulah prolog dari kelas kreatif kemarin, bang fahd hanya menjelaskan 4 kunci untuk menjadi karya raya, dan cerita serunya berlanjut di sesi sharing dengan narasumber yang udah gw mention di atas. Yuk kita simak kisah nya

  • Bang Alfan (23tahun, sedang s2 di UMT, CEO Rimbun Premium Earth )

Pemuda keren dari tangsel di usia nya yang masih muda, bang Alfan yang sadar akan lingkungan dan bisa menciptakan sampah menjadi sesuatu yang luar biasa. Kemarin bang alfan menceritakan kisah perjuangan nya hingga bisa menjadi CEO Rimbun Premium, sebuah kampung konservasi keren di tangsel (ig:rimbun_csr) dan kalau mau kepo lihat kampung konservasi yang dibuat oleh bang alfan silahkan kepo di ig nya ya. Ada satu cerita bang alfan yang menurut gw inspiring banget, yaitu ketika beliau bekerja menjadi tukang cuci piring di restoran ayah nya bang alfan, kata-kata bang alfan pas cerita itu gini "Sebenernya gue kerja cuci piring kaya gini, yang gue dapet ialah gue bisa belajar buat memuliakan pekerjaan mencuci piring". MasyaAllah banget, ketika seseorang bisa memuliakan pekerjaan yang ia geluti dan mengisi kesyukuran direlung hatinya, pasti akan ada jalan suksesnya masing-masing.. Thankyou bang alfan udah sharing banyak kemarin yaa

  • Js Khairan (Alumni FE UI, Author 7 books, Penulis 30 paspor dikelas sang Profesor )
Kita panggil saja dia bang Jombang, sumpah ya gw beneran speechless ketika tau kalau ternyata bang jombang dateng ke kelas kreatif, sebetulnya beberapa bulan yang lalu gw baru aja mengkhatamkan buku pertama dan kedua yg 30 paspor , dan abis baca bukunya gw beneran jadi semangat banget buat bisa keluar negeri, ke bumi Allah yang lain, sendirian. Kata bang Jombang, untuk menjadi seseorang yang hebat lo harus bisa pede dengan mimpi-mimpi lo, sekalinya lo down karena omongan-omongan orang lain yang cuma bisa jatohin lo, maka lo akan sama seperti mereka. yang tidak berbuat apa-apa. Terus bang Jombang juga cerita temen-temen nya yang di FE UI, bagi temen-temen nya setelah lulus adalah kerja di perusahaan2 nasional dan global, tapi bang Jombang memilih jalan yang beda, karena waktu itu bang jombang mikir, kalau jadi karyawan hidupnya akan gitu-gitu aja, gaji juga akan segitu-gitu aja, stagnan. Ga Seru ! (iyabangbenerbangetT_T)

  • Bang Angga (Co-Founder Warnerein Corp)
Seorang anak pejabat yang bod*h, itulah yang bang angga ceritakan kepada kita kemarin, betapa banyaknya orang-orang yang bilang kalau bang angga gak bisa memanfaatkan jabatan bokap nya, tapi ternyata dibalik kisah perjuangannya, bang angga menemukan passion nya sendiri yaitu bersama anak-anak muda. Jadi bang angga ini ialah seorang EO sukses dan event yang sering digarap ialah event anak muda. Jadi ingat pesan bang angga kemarin, kalau kita gak boleh menutup diri dengan siapapun, karena setiap orang punya potensi maka manfaatkanlah potensi itu.

Setelah sharing-sharing dengan ketiga orang hebat diatas, session berikutnya ialah tanya jawab, ada beberapa pertanyaan temen-temen dan dari berbagai macam jawaban yang ada akan gw simpulkan dalam bentuk quotes ya

"Kegagalan adalah investasi, kerugian ketika kita berhenti"(Alfan)
"Jadi yang terbaik, Beri yang Terbaik, Cintai itu" (Alfan)
"My hero always my self, 10 ten years again"(Matthew McConnaughey's) 
"Hebat itu Proses, Jangan Pernah berhenti menyerah" (Fahd Pahdepie) 

See you soon, friends 
Yaaa.. begitulah kelas kreatif episode 2 kemarin, seru kaan?
semoga tulisan ini bisa menjadi jembatan buat temen-temen yang kemarin belum bisa hadir ya, sampai jumpa di kelas kreatif episode 3...

nb : habis baca, jangan lupa share dan komentar yaa..

Regards,
Ade Sofiarani






Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates