Sabtu, 02 Juni 2018


Bismillah

Welcome back to my blog
Apakabar temen-temen semua?
Sorry ya, tulisan tentang kelas kreatif part 6 ke skip terlalu lama, malahan lama banget sih kayanya ini
Karena kelas kreatif yang dilaksanakan kamis, 26 April 2018 kemarin, yang bahas tentang Bisnis model Canvas, baru bisa gue tulis review nya sekarang [mianhae]

Sebenarnya niat nulis ini udah lama banget, dari bulan mei. Tapi Qadarullah, baru Allah kasih kesempatan melanjutkan nya sekarang, karena ada beberapa hal kemarin, semoga tetep ada ilmu baru dari baca tulisan ini yaa

Back to Topic..
Teman-teman, mungkin dari kalian gak asing ya denger konsep “Bisnis model Canvas”, apalagi yang kuliahnya jurusan ekonomi dan business, gue yakin pernah lah denger atau mencoba konsep ini

Karena gue based on informatics, non economic or business gue akuin gue awam banget dengan konsep ini, jadi selama kelas berlangsung gue gapunya bayangan apa-apa tentang bisnis model canvas

Sampai, ketika mas fahd buka kelasnya kita semuanya dikasih selembaran kotak-kotak gitu, dan kita harus isi  kotak2 itu dengan dipandu mas fahd
Kalau temen-temen penasaran bagaimana rupa kotak2 itu, temen-temen silahkan ke website (https://strategyzer.com/canvas/business-model-canvas), kalian bisa download dan coba langsung dirumah

Oia, sekali lagi maaf ya teman-teman, ditulisan gue kali ini gue gak akan membahas tentang tutorial buat bisnis model canvas, karena ternyata kertas gue hilang entah kemana [kayanya ini resiko karena ga langsung direview abis kelas nih :( ]

Tapi meskipun ga ada penjelasan tentang tutorial itu, gw tetep bakalan sharing yang gue dapet kemarin,  ada beberapa hal penting yang kemarin sempet mas fahd bahas dikelas kreatif, beliau mengatakan
·      Ketika kita berkeinginan membuat bisnis, jangan fikirkan keuntungan nya
Maksud dari kalimat ini ialah, jangan sampai tujuan kita membuat bisnis hanya uang saja, jangan sampai kita focus ke keuntungnya saja tanpa memikirkan aspek-aspek yang juga penting.

·      Terus sebelum membuat bisnis, tanyakan pada dirimu ?
“Apakah bisnis yang saya buat, mempunyai nilai dan manfaat untuk 1000 orang?”
“Apakah bisnis ini bisa membuka lapangan pekerjaan untuk 1000 orang?”

Jika mungkin, berarti bisnis yang kalian ingin buat layak untuk diperjuangkan.


Dan ingatlah, selain untung harus ada key of business yaitu “Values”, pastikan bisnis yang ingin kamu bangun benar-benar bisa menjadi langkah kamu untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain, bukan hanya untuk dirimu sendiri.

***
Sekian tulisan singkat ini, semoga teman-teman yang kemarin belum sempet ikut kelas kreatif episode ini bisa ada bayangan dan gak ketinggalan materinya, 
semoga bermanfaat :)

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates