Selasa, 04 Desember 2018

Life is Choice

Beberapa minggu yang lalu ketika gue naik semeru, sering banget papasan sama pendaki yang sambil jalan muter lagu lewat hp dan lagu yang paling sering gue denger ialah lagu-lagu nya Fourtwnty. Kalian tau band fortwnty? band indie yang lagi hits banget buat anak-anak muda sekarang. Terus ada satu lagu dari fourtwnty yang judulnya 'Zona Nyaman' yang menurut gue spesial banget, selain lagu itu terkenal karena jadi Ost film filosofi kopi, kalau dimaknai lebih dalem emang super meaningful.

Oia, sebelum nulis ini gue juga sempet adain polling di Instagram, gue tanya sama temen-temen gue di IG, ada 2 topic yang lagi pengen gue bahas di blog nih tentang zona nyaman/ rasa baper? dan ternyata lebih banyak yang vote topic zona nyaman.

So, mari kita ulas disini..

Kalian pernah ngerasain bosen karena rutinitas yang monoton gak?
Kalau kalian kerja dikantor, terlebih kerjanya di Jkt dan dibalik laptop dan selalu ketemu meja dan kursi, sering ngerasain perasaan gini gak?
"duh, perasaan baru semalem gue pulang, kok pagi ini udah dikantor lagi."

Jujur, gue lagi ngerasain perasaan itu banget, dimana kadang gue ngerasa kok hidup gue cuma begini-begini aja ya, pergi ke kantor, pulang kerumah, repeat 5x seminggu.

Beda gitu sama kuliah, hahaha
terlalu flat rasanya, tapi dulu padahal pas kuliah ya gini keinginan gue (kerja di depan laptop, di kantor, pergi pagi dan pulang sore) Tapi pas udah Allah kasih, yah ngeluh juga [dasar manusia!]

Kalau boleh flashback, dimasa-masa gue sekolah dulu, sebenernya gue gak pernah nyangka bakalan kuliah jauh ninggalin Jakarta, karena dari lahir sampai SMA gue full di Jakarta, kebayang nya malah kuliahnya di Bogor aja waktu itu, gak ada yang lain. Tapi ternyata emang Allah ngerti banget lah ya apa yang gue butuhin, gue anak bungsu dari 5 bersaudara, kakak-kakak gue udah berkeluarga semua, dan bisa dibilang gue cukup dimanjain sama keluarga besar gue, Jadi mungkin Allah mau ngajarin gue buat mandiri kali ya? buat tau kalau gue pergi jauh, banyak banget lho rahasia Allah yang harus gue buka, dan salah satu caranya ialah Merantau.

4 tahun gue kuliah di Malang, butuh waktu 18 jam naik kereta dari malang ke Jakarta, butuh uang minimal 500ribu kalau mau pulang pake pesawat, banyak yang harus dikorbanin terutama ego gue. Kalau kata-kata Ralph di film Ralph Breaks the Internet "Aku tau dirumahku akan terjadi hal yang sama, maka itu aku harus pergi" Begitupun gue dulu ketika memutuskan untuk kuliah di Malang, rasa-rasanya kalau gue tetep maksa kuliah di Jakarta, kayaknya ya bakalan gini-gini aja deh, ga ada sesuatu yang wow yang bakalan gue pelajarin, apalagi keluarga deket dan mudah banget minta akses apapun. 

Dan bener dong kata-kata nya imam syafii yang ini 
"Orang yang berilmu dan beradab , tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negeri mu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang"
Gue juga selalu percaya, pergi dari zona nyaman itu baik dan segala perasaan takut diawal itu hanyalah godaan setan yang gamau kita hijrah aja. Percaya deh, kita akan baik-baik saja :')

Kalau mau throwback kisah nabi yang meninggalkan zona nyaman juga banyak banget yang bisa kita petik, coba aja kalau dulu nabi tetap di mekkah dan gak hijrah ke madinah, mungkin islam gak bisa kaya sekarang. Emang bener banget, ketika kita memutuskan untuk pergi, pasti banyaaak banget hal-hal berat yang bikin kita sulit untuk pindah, ya coba bayangin aja, udah di zona yang nyaman banget, tapi kita out of the box buat belajar hal lain, pasti susah.

karena sesuatu emang pola nya gitu gak sih? dia harus ditinggalin dulu untuk kita bertemu sesuatu yang baru..

kalau dari liriknya fourtwnty yang zona nyaman sih begini :
"Sebilu yang dulu, biarlah berlalu
Bekerja bersama hati,
Kita ini insan bukan seekor sapi"

Berkarya bersama hati, karena kita insan bukan seekor sapi.

Gue selalu yakin kita pasti mampu untuk bergerak dari zona nyaman, mungkin belum ketemu waktu yang cocok aja, tapi gue rasa bisa dipercepat kok, ayo digerakkan kaki nya, diniatkan lagi, apa kita mau hidup gini-gini aja? Apa kita diciptakan sama Allah hanya untuk menjadi manusia yang seperti ini?

Pasti Allah mau melihat kita lebih mendekat kepada Nya, gue yakin Allah lagi menyiapkan banyak box misteri diluar sana yang harus kita buka, dan emang caranya ialah bergerak, jangan hanya berdiri di box yang nyaman banget ini aja.  

"Salah satu yang menyebabkan zona nyaman sangat berbahaya ialah karena ia TIDAK BERBAHAYA" (Anonymous)
Jadi, kalau kamu ngerasa hidup mu kok begini-begini aja? berjalan terlalu flat tanpa ada sesuatu yang perlu dirisaukan, maka berhati-hatilah. Karena kemajuanmu tidak mungkin kamu temukan di zona nyaman. 


***
Thank you yang udah baca, Jangan lupa di share dan komen ya kalau ada manfaat nya (:
Kalau kalian gimana? Apa yang kalian lakukan kalau berada di zona nyaman?
Mari kita diskusi dibawah :))

2 komentar:

  1. Menurut Ade, ada gak ayat Al-Qur'an yang nyinggung soal Zona Nyaman ini? Hehe

    BalasHapus
  2. ohiya ada, dan aku lupa buat masukkin nya
    “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Q. S. [13] : 11

    kalau menurut mba? surat apa? lagi?

    BalasHapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates