Sabtu, 19 Januari 2019

Assalammualaykum teman-teman semuanya,
sudah 19 hari pertama di tahun 2019, gimana kabarnya kalian?

Biasanya para blogger-blogger banyak yang posting resolusi nya di tahun baru ini, tapi kali ini gue izin gak posting resolusi-resolusi an ya, bukan gak punya resolusi, banyak sebenarnya, tapi untuk tahun 2019 ini di save untuk diri sendiri aja. Paling nanti ya sharing-sharing throwback tahun kemarin. Tahun penuh kejutan wkwk

Oia kali ini mau sharing tentang Bogor nih, ini emang latepost banget sih, ya mau gimana ya, bisa mengkosongkan jadwal untuk nulis di padatnya aktifitas rutinan itu lumayan susah, semoga tahun ini bisa lebih istiqomah lagi buat ngeblog. Aamiin

***
Jadi ceritanya, tanggal 22 Desember 2018 dihari Sabtu, gue dan beberapa temen gue mau survey villa di daerah Cipelang kecamatan Cijeruk Bogor. Jarak yang ditempuh dari Jakarta, kurang lebih cuma 2 jam, Alhamdulillah meski hari itu first day dari long weekend yang bakalan sampai berlanjut hingga hari selasa, perjalanan bisa dikatakan lancar. Rencana awalnya, kita semua harus kumpul di Green Lake pukul 7 pagi, tapi entah kenapa orang Indonesia itu susah banget ya on time nya, jam 7.30 aja gue dan ka Icha baru berangkat dari rumah, sesampai di Green Lake, jam 8 dan langsung ketemu yang lain. Ada Rita, ka Vera, dan Ka Devi, jadi lengkap berlima. Karena kami pikir perjalanan akan panjang, yang lain sempat sarapan bubur dulu, dan setelah sarapan juga temen gue yang kebetulan akan bawa mobil pp ternyata juga butuh kopi, jadi mampirlah kita semua ke alf*mart untuk jajan-jajan kecil.

Tepat pukul 9.00 kita jalan dari Green lake menuju Bogor, di perjalanan karena alhamdulillah perempuan semua, jadi berubahlah mobil rita menjadi mobil karaoke berjalan, atau bahasa anak millenials ialah car pool, seru sih nyanyi-nyanyi di mobil, walau suara jelek karena rame-rame nyanyi nya jadi berasa merdu-merdu aja wkwkwkw

me-ka vera- ka devi- ka icul- rita
Bermodalkan google maps dengan petunjuk Villa Pak Razikun, kami mengikuti saja diarahkan kemana mobil ini, 35 menit dari keluar tol, kita sampai di kecamatan Cijeruk, diperjalanan sudah bisa gue lihat plang menuju Cipelang, sekitar pukul 11 kita udah sampai di desa Cipelang, hawa dingin sudah bisa dirasakan ketika membuka Jendela, ternyata kawasan Villa masuk daerah wisata bukit Alisano, jadi diawal kita harus membayar biaya retribusi 5 ribu per orang, karena kami berlima maka diawal harus bayar 25 ribu.

Banyak Portal menuju ke Villa
Mungkin karena masih pembangunan jalan nya, jadi ada dua jalan, yang kanan sudah di kavling yang kiri belum, dan jarak antara kedua jalan juga cukup tinggi sekitar 20 Cm.

Dari Pos pertama pembayaran retribusi ke Villa, kurang lebih 10 menit, jalanan nya cukup berkelok-kelok tapi gue percaya sih Rita sudah terbiasa dengan track yang seperti ini, sesampainya di Villa sekitar pukul 11 siang, ternyata sempat terjadi tragedi ban jeblos. Jadi awalnya kan gue dan ka Vera turun duluan untuk memastikan bisa gak parkir mobil, eh bukannya gue ngarahin mobil dengan bener, ternyata mobil nya mundur pelan-pelan dan yang di dalem ga sadar kalau itu ada jeblosan, wah itu ban belakang udah masuk ke got, dan disitu gue bingung kan harus gimana, bener-bener bingung, alhasil jalan ke villa dan minta tolong mang Iyus buat bantuin, dengan berbagai macam upaya dorong-dorongan, sampai mang Iyus nyari batu besar buat menyamaratakan ban belakang, Alhamdulillah pas di Gas, mobilnya udah balik lagi ke jalan yang bener. Hahahah ada-ada aja emang, tragedi terjadi pas banget kita baru sampe rumah, untungnya mobil gak apa-apa.

Setelah parkir mobil, dan masuk ke dalam Villa untuk memastikan bagaimana kondisi dan perlengkapan yang ada di dalam, akhirnya kami berlima keluar villa dan melihat pemandangan kebawah, masyaAllah banget, di ketinggian yang cukup lumayan dan suhu yang dingin berasa banget refreshing yang Allah berikan untuk kami saat itu. Makasih ya Ya Allah (ucap gue dalam hati)

Rindang.
dalam sebuah perjalanan, semoga kita bisa belajar untuk lebih bersabar.
4/13
without tripod or anyone, trust me behind the scene of this picture so complicated
Setelah foto-foto yang tidak cukup banyak, karena kondisi langit juga mendung, akhirnya kami memutuskan untuk masuk ke dalam villa lagi karena sudah waktunya sholat djuhur dan perut juga sudah meminta untuk diisi, dengan perbekalan seadanya yang seharusnya bekal untuk sarapan, akhirnya baru bisa gue makan bareng yang lain jam 12 siang, fyi disana no signal jadi waktu terasa lama banget berputarnya, untungnya kami mengadakan diskusi dadakan, literally syuro yang ada notulen nya, jadi cukup membantu mengisi waktu dengan yang berfaedah, apalagi pas syuro di setiap 5 menit sekali selalu diselingi dengan lelucon yang bikin capek ketawa. Hahaha makasih ya guys kalian sudah membuat waktu jadi begitu seru meski awalnya kupikir bergitu lambat .

Tepat pukul 2 siang, ternyata teman-teman gue udah pada laper, dan kami memtusukan untuk tidak menginap, yang awalnya udah pada bawa baju, takut kemaleman atau apa, akhirnya kita semua pamit, tapi sebelum pulang ada beberapa hal yang harus kita bicarakan ke mang Iyus, untuk persiapan ukhuwah camp yang bakalan kita laksanakan insyaAllah 16-17 Februari 2019, jadi ketika ngobrol- dengan mang Iyus, ternyata kami semua baru tau, kalau Villa Pak Razikun ada dua, di depan dan di belakang, daritadi kami hanya stay di villa depan. Akhirnya setelah itu, kami semua pergi ke villa yang belakang dan foto-foto untuk dokumentasi yang bakalan di report sama temen-temen nanti, overall villa belakang lebih bagus dan homie banget sih buat kita,  dan besar kemungkinan kita bakalan pake yang belakang.

Setelah meninjau villa yang belakang, kita pamit ke mang Iyus untuk turun kebawah, kalau dari google maps, kebun duren warso jaraknya cuma 3 km dari villa pak Razikun, berlandaskan maps akhirnya kita turun dan sampai di kebun duren warso yang cuma 5 menit (deket banget).

First Impression ke kebun duren ialah excited sih, soalnya karena ini pengalaman pertama bertemu kebun duren, dan yang bikin seru ke tempat ini ialah bersama orang-orang yang bikin semangat. Kalau menurut gue gini "Carilah teman perjalanan yang menyenangkan, maka kamu akan menemukan arti lebih dari sebuah perjalanan" dan mereka adalah teman perjalanan yang sangat menyenangkan.

Setelah masuk kedalam kebun duren, kita langsung ditampakkan luasnya pohon duren yang buahnya bergelantungan, ada yang kecil ada yang besar, ada pohon yang ada buahnya, ada pohon yang lagi tidak berbuah. Kalau bawa keluarga dan anak-anak menarik sih mereka bisa kita ajak buat tau gimana sih Pohon Duren, kalau bisa lagi sekalian diajak petik duren nya, sayangnya di kebun buah Warso Farm duren nya gak boleh dipetik hiks

Terimakasih Duren, kamu bisa menjadi salah satu buah ter enak yang pernah aku coba haha

Salah satu duren yang besar dan tidak terlalu tinggi
My Squad
Setelah berkeliling kebun durian, kita bertemu kebun buah naga, sayangnya sedang tidak panen, jadi gak ada buah naga nya sama sekali, dan lupa foto karena ngeliat kebun buah naga pada lesu-lesu jadi gak terlalu menarik buat jadi objek hahaha

Tidak elok kalau sudah ke kebun duren tidak makan duren nya juga, alhasil kami berlima penasaran untuk mencoba duren yang ada di Warso Farm, meskipun bukan metik langsung dari pohon nya, tapi pasti sensasi nya akan berbeda kalau makan duren di tengah kebun duren. Untuk harga gue rasa cukup mahal ya, hitungannya kiloan. Untuk duren lokal 1 kg = 55 k, duren montong 1 kg = 90k, dan waktu itu kita kedapetan duren lokal yang cukup gede hampir 3kg lebih. Cuman pas di buka gak sesuai ekspektasi, rasanya ya B aja, dan kalau dimakan berlima ternyata kurang kalau cuma satu hahaha

Habis makan duren, sekitar jam 3 kita memutuskan untuk makan nasi, karena belum pada makan, karena bingung mau mampir makan dimana lagi, akhirnya kita makan di restoran yang ada di dalam kebun duren nya, kalau dari segi harga ya sekelas restoran ya diatas 20k semua, tapi kalau dari segi rasa worth it kok

Waktu itu gue pesen paket nasi+lalapan+sambel+ikan bakar+sayur asam+teh tawar = 45k

Setelah makan ternyata dibelakang gue ada kolam ikan, dan masyaAllah banget ikan nya gede-gede, apalagi mereka pada kelaperan semua, yasudah deh gue kasih aja tempe yang tersisa, lucu lah pokoknya lihat mereka pada rebutan makanan

Makan duren udah, makan nasi udah, akhirnya kita memutuskan untuk pulang, sebelum pulang ternyata kebun duren warso farm ini memiliki landmark atau ikon yang biasa dipake pengunjung buat foto, karena kita juga belum tentu bisa balik lagi kesini, akhirnya kita ikut-ikutan foto

Terimakasih mamang Parkir, yang udah motoin kami hehehe
Di perjalanan pulang menuju Jakarta, ternyata ada dari salah satu temen gue yang mau beli oleh-oleh khas bogor, dulu sih pas main sama ka vera dan ka devi gue belanja oleh-oleh di Bogor Raincake nya shireen sungkar, tapi kali ini kita berhenti untuk beli asinan sayur dan buah khas bogor sama Roti Unyil Venus Bakery, emang kayaknya mereka ini udah cukup lama jadi oleh-oleh khas Bogor makanya cukup rame tempatnya

Roti unyil nya enak-enak, harganya juga ramah dikantong satuannya 1250 rupiah, jadi bisa dipaket mau beli 25 ribu atau 50 ribu bebas, pokoknya dapetnya banyaklah.

Sekitar jam setengah lima, akhirnya kita memutuskan untuk balik ke Jakarta dan ga ada mampir-mampir lagi kemana-mana, dan Alhamdulillah tol ke Jakarta juga lancar banget, selama di mobil sama anak-anak selain carpool, kita cerita horor yang dapet dari thread di twitter, agak kocak sih. Tapi seru lah bikin perjalanan gak kaku-kaku amat.

Sesampainya di Jakarta, jam 6 kurang. Jadi bisa dibilang cepet banget di tol, dan yang turun duluan ialah kak Vera di Slipi dilanjutkan kak Devi di Mall Taman Anggrek dan sisanya gue, ka Ica, dan Rita balik ke Cengkareng.

Senja, terimakasih sudah membuat 9 jam yang singkat ini begitu menyenangkan
Nah, itulah recap story yang bisa gue share tentang explore Bogor. Buat kalian yang mau main ke Bogor, jangan main nya daerah puncak aja, di bogor sisi yang lain banyak juga kok tempat wisata yang worth it dan familyable, tentunya tidak macet karena ada sistem buka tutup kaya di puncak. So semoga tulisan ini bermanfaat buat temen-temen yang baca, terimakasih sudah mampir, jangan lupa komentar dibawah, dan share ke temen-temen yang lain..