Rabu, 10 Juli 2019


Jadi ceritanya hari ini gue dapet new insight tentang konsep sebuah rejeki. Ini beneran umum sebenarnya untuk semua orang kalau "Yakin deh, rejeki mah udah Allah atur". Tapi ternyata ada sesuatu yang berbeda dibalik kalimat itu.

Semuanya bermulai dari cerita hari ini (10 Juli 2019) pas gue lagi kerja sambil dengerin sharingnya ustadz Hanan di youtube tentang rezeki, dimana beliau menceritakan betapa kita sebagai manusia harus mendahulukan sabar dibanding sadar, terus beliau juga cerita pernah kehilangan motor seharga 21 juta, baru beli 2 bulan lalu diambil Allah. Tapi karena Allah maha kaya, gak berapa lama udah Allah ganti lagi motor beliau yang harganya 21 juta jadi yang 34 juta terus masih Allah kasih lagi yang jauh lebih baik dan lebih baik lagi. MasyaAllah yah?

Ngomongin soal rezeki, gue yakin semua orang udah Allah atur rezekinya, hewan aja udah Allah jamin makan dan minumnya, apalagi manusia yakan? Tapi kali ini gue mau sedikit sharing, pengalaman yang menurut gue patut untuk di recap di blog ini.

---

Menurut gue ini aneh sih, tapi kok relate gitu loh. Jadi awalnya tuh sebelum gue pulang kerumah abis makan sama temen kantor, gue cek hp. Pas buka wa, kakak gue chat isinya minta tolong gue untuk beliin cotton bud, itu chat jam delapan malem. Karena gue baru lihat jam setengah sepuluh, akhirnya gue bilang kan ke temen "Eh kakak aku nitip cotton bud nih, nanti beli dulu ya". Untungnya samping tempat gue makan ada alfamidi, akhirnya kita jalan dulu kesana dan pas di dalam ya seperti biasa banyak orang-orang belanja, kebetulan gue beli cotton bud dan temen gue beli masker. Tapi pas kita keluar dari alfa, temen gue tiba-tiba bilang "De, anak-anak kantor kira-kira suka gak ya? kue itu? (sambil nunjuk mas-mas yang jualan kue semprong di depan pintu alfa)" terus gue jawab aja "Ya insyaAllah kalau gratis mah pasti abis aja hahaha" akhirnya temen gue balik lagi dan beli itu kuenya.

Setelah beli kue, kita pulang kan terus pas di jalan tanpa ada niatan dan omongan apa-apa sebelumnya, temen gue bilang lagi "De, aku boleh gak beli sate padang?". Ya gue jawab aja boleh, kenapa enggak?. Akhirnya kita mampir kan beli sate padang. Terus setelah dia beli dan bayar dia ngomong gini ke gue "De? aku boros banget ya hari ini?" terus gue jawab aja "Gapapa kok, kan besok bisa hemat lagi wkwkwk". Terus dia cuma senyum kaya jadi gak merasa bersalah gitu.

kue semprong & sate padang
Nah dari dua cerita diatas, yang pertama tentang kue semprong dan yang kedua sate padang. Ada sesuatu yang baru gue sadarin pas sampe dirumah. Tau gak apa? 

'Konsep Rezeki'

Jadi pas gue udah pulang kerumah, lalu gue tata cotton bud yang udah gue beli di alfamidi di kotak cotton bud yang kosong, ternyata dirumah kakak ipar gue juga udah beliin juga, terus gue kaya mikir 'Lho jadi banyak dong ini?' Sebenarnya ya gak apa-apa karena kan pasti bakalan kepake kok nantinya. Cuman kalau di sambungin sama cerita diatas bakalan kaya gini nih :

'Kalau ade gak jadi beli cotton bud, dan langsung pulang. Maka temen gue gak akan beli kue semprong apalagi beli sate padang'

Bener gak?
Terus pas dirumah gue kaya mikir gitu 
'Ya Allah.. Kok luar biasa banget ya Engkau bikin alur datangnya rezeki ke Mamang kue semprong dan Uda tukang sate padang? Percaya gak percaya kalau dipikir-pikir begitu luar biasanya skenario Allah untuk dua orang pedagang tadi lewat dompetnya temen gue'

Coba lihat deh kata Allah di QS. Hud ayat 6

Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā 'alallāhi rizquhā wa ya'lamu mustaqarrahā wa mustauda'ahā, kullun fī kitābim mubīn. 
Artinya : Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
Di ayat ini Allah kasih tau kalau binatang aja sudah Allah jamin rejekinya apalagi seorang manusia. Dan yang bikin gue takjub semuanya udah Allah tulis di kitab Lauh Mahfuzh.

Berarti yang temen gue keluarkan tadi untuk beli kue semprong sama sate padang bener-bener udah Allah atur.

Terus kadang kita sebagai manusia seringkali sering gak yakin gitu lho akan konsep rezeki yang jelas-jelas udah Allah jaminkan. Hewan yang diam dan bersembunyi aja udah Allah siapin kan? Apalagi kita manusia? Punya akal dan punya fisik yang kuat buat jemput rizkiNya Allah.

Kalau kata ustadz Hanan di ceramah yg gue dengerin tadi pagi sih bilangnya gini :
'Apa yang besar di mata manusia, maka jadi receh di mata Allah. Maka jangan salah konsep menggantungkan rezeki, jangan digantungin ke manusia, tapi ke Allah. Mau minta berapa sih sama Allah? 100 M? 1 T? Semuanya receh bagi Allah. Tapi kalau kita mintanya sama manusia ya gak receh dong itu 1 T?' 

hehehehe..
Jadi gimana?
Masih malu minta sama Allah?
Masih gak percaya kalau kita punya Allah yang maha kaya?

Semoga kita senantiasa percaya ya akan kekuasaan dan rencana Allah yang maha indah, soal rezeki aja Allah pasti bakalan kasih, apalagi tentang kehidupan ini. Kalau udah digantungin ke Allah, pasti semuanya bakalan baik-baik aja (insyaAllah).

😃😃😃
Semoga bermanfaat tulisannya. Jangan lupa di share ya kalau ada manfaatnya. Oia aku mau denger dong cerita-cerita anomali kalian tentang konsep rezeki. Kita diskusi di kolom komentar dibawah ya. 
Sampai jumpa di cerita berikutnya.. 

Terima kasih sudah baca sampai kalimat ini ehehehe

xoxo
@adesofiarani





Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates