Senin, 23 Maret 2015


Semua orang itu pasti pernah mengalami kehilangan atau kebahagiaan, entah yang mana yang paling sering dirasa, tapi aku yakin semua orang pernah mengalami 2 perasaan itu. Termasuk juga diriku, aku sering mengalami kehilangan, kehilangan apapun dari seseorang, benda, bahkan mimpi yang belum sempat kuraih pun pernah hilang. Namun, kebahagiaan pun turut serta mendampingi
kehilanganku, entah bagaimana cara kebahagiaan itu datang, tapi ia mampu membuat rasa kehilangan yang membuat hatiku rusak, menjadi lebih baik.

Kebahagian itu hakikatnya ialah apa yang kita syukuri dan kita cintai, sadarkah kebahagiaan yang paling dekat dengan diri kita itu apa? Ialah islam. Agama yang kita peluk saat ini, agama yang menurutku memberikan kebahagiaan, dari mataku terbuka hingga tertutup lagi, semua itu dapat memberikan kebahagiaan.. Setelah Islam, kebahagiaan apa lagi yang paling dekat dengan diri kita? Ialah keluarga, ya keluarga yang membersamai kita di hidup kita, yang selalu ada di setiap kondisi susah senang kita, keluarga lah yang banyak memberikan kebahagiaan yang kadang tidak kita sadari, ataupun kita baru dapat menyadari nya, ketika keluarga kita tiba-tiba, pergi dan menghilang.

Di luar sana, banyak sekali orang-orang yang di kelilingi harta namun tidak mempunyai kebahagiaan, ataupun kebalikannya orang-orang tanpa harta tetapi sangat bahagia? Jika ada 2 pilihan ini? Mana yang kau pilih? Mungkin kamu akan memilih bahagia tanpa harta, tapi sebenarnya kamu bisa memilih memiliki harta dan bahagia, ya semua itu pilihan? Seperti kamu memilih untuk hidup dengan kebahagiaan atau hidup diliputi takut kehilangan.

Dan kehilangan itu sesungguhnya banyak mengajari kita, pelajaran yang tidak kita dapati selain melalui pengalaman atau kehilangan, sadarkah kau? Ketika kehilangan itu datang kepada mu, sebenarnya ia ingin menggantikan yang ia ambil dengan yang lebih baik, dan ia sangat ingin melihat seberapa kuat diri mu, seberapa sabar diri mu, bagaimana kamu mampu melewati semuanya? Jika kamu mampu melewati semua rasa kehilangan yang ia berikan, berarti itu ialah bukti kalau kamu ialah orang yang pantas untuk diberikan yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya...

Kawan, hidup ini sesungguhnya bukan hanya engkau bisa makan hari ini, atau engkau bisa tidur malam nanti, bukan sekedar itu. Hidup ini adalah sebuah perjalanan yang amat berat dan panjang, banyak hal yang harus kau lewati setiap detik nya, banyak ujian yang akan kau kerjakan setiap waktu, akan banyak kehilangan dan kebahagiaan. Tapi, percayalah semua yang akan kau hadapi bisa kau lewati dengan sempurna dengan kau selalu membersamai Allah disetiap hembusan nafasmu.

-tertulis di kamar 3x2 meter
-@adesofiarani

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates