Rabu, 29 November 2017


hello everybody..
maapkeun ya jarang posting,
emang ya, jadi blogger itu ga mudah, sebenernya banyak ide2 bermunculan, cuman buat nulisnya itu, bener2 harus ngelawan yang namanya males. godaan nya banyak banget, tapi bismillah ya semoga pelan2 bisa rajin ngepost disini

oke
kali ini gw mau cerita, judul skripsi gw, yang dimana ternyata bagi beberapa orang cukup menarik hehe

judulnya
Analisis Sentimen masyarakat  terhadap pemilihan gubernur dki jakarta 2017 berdasarkan media sosial menggunakan metode support vector machine

panjang ya? judulnya? haha
iya sepanjang perjuangan nya

Alhamdulillah ala kulli hal
untuk pertama kalinya, gw bersyukur sekali karena telah menyelesaikan proses membuat skripsi sampai detik ini yang insyaAllah sebentar lagi bakalan wisuda hehe

Kalau kembali ke judul, banyak reaction temen2 gw di organisasi yang bilang ke gw gini
"emang ya de, mentang2 maen nya sama politik, pas skripsi juga ga jauh2 sama politik" haha

gw cuma bisa senyum aja dan mengangguk, melihat betapa dekatnya gw dengan politik, entah itu kampus maupun nasional

Kalau ada yang nanya mulai buat skripsi dari semester berapa dek?
dengan jujur dan secara unofficially dari semester 6 gw udah mulai berjuang buat skripsi, hehe
cepet banget ya? iya emang sengaja. Karena waktu itu gw mikir, gw seorang aktivis yg kerjaannya syuro melulu, weekend full agenda, kalau ga dimulai dari jauh2 hari, dengan tingkat keaktifan gw yg padat sama organisasi, kayanya gw gamungkin bisa lulus 4 tahun

Makanya, pas di semester 5, pas lagi hectic antara kuliah dengan banyaknya praktikum dan program yg bejibun, ditambah PKL, disisipin agenda organisasi yg segudang, disitu gw kaya  harus semangat buat secepatnya memulai yang namanya Skripsi

Cuman ketika sudah semester 6, gw gak langsung nulis bab 1 dll, masih agak santai sih, karena cara yg pertama gw lakukan kala itu ialah mendekati siapa ya dosen yang cocok sm gue, dan bisa bimbing gw sampai lulus, dan Alhamdulillah ketemu dengan pak Fahrul, gw inget betul waktu itu beliau ngajar matkul MBD (manajemen basis data), dan gw sangat excited sama matkul ini, karena gw tau matkul ini pengembangan dari matkul sebelumnya desain basis data, yang waktu itu menurut gw asik matkul nya dan gak terlalu rumit, meskipun tetep ada ngoding nya.

Pak fahrul ini termasuk dosen yang keren menurut gw, karena beliau itu sangat fleksibel dan baiikkk banget sama mahasiswa nya, jadi pas semester 6, gw udah diikutkan dengan penelitian beliau, dan waktu itu gw buat project optimasi lampu merah, yang sampai detik ini kalau gw lihat lampu merah, ya gw inget pernah bikin rancangan smart traffic nya, dan pas semester 7 ada matakuliah pilihan yang namanya visualisasi dan perancangan model, yang waktu itu juga diajarin pak fahrul, dan gw masih buat yg gak jauh2 dari lampu merah, dan gw pikir case traffic light ini bakalan gw lanjutin sampai skripsi, tapi tau tau nya enggak, karena tiba2 pak fahrul punya ide tentang analisis sentimen

Karena gw mahasiswa yg penurut *ah masa sih? wkwk, yaudah deh pas beliau sounding tentang analisis sentimen, dan menghubungkan dengan pilkada DKI, yg pertama kali gw lakukan adalah cari jurnal yang banyak tentang tema yang sama, setelah udah ketemu banyak jurnal, udah dibaca juga biar ada pandangan, akhirnya gw konsultasi sampai di acc untuk maju pra proposal, agar fix pak fahrul jadi dosen pembimbing pertama gw

Tapi itupun, judul pas pra proposal masih belum fix, terutama metode yg akhirnya gw ambil masih abu abu haha

Sampai gw menulis bab 1 disemester 7, harapannya juga bisa sempro disemester 7, cuman Allah maha baik, karena waktu itu gw cukup padat keluar kota karena ada agenda organisasi, yang lumayan ngabisin waktu kuliah sekitar 2 minggu, dan otomatis menjeda skripsi, akhirnya bab 1-2-3 gw rampung bulan desember dan Allah izinkan untuk seminar proposal di januari, untung sebelum semester delapan, jadinya nilai masuk di semester 7


Pas sempro juga, lumayan banyak yg direvisi terutama tentang tata kalimat di Judul
yang final nya akan gw jelasin disini

Btw, ini penjelasan pribadi ya, bukan by teori atau pengertian siapapun, harapannya biar simple dan paham aja

Apasih Analisis Sentimen de?
Analisis sentimen adalah sebuah analisa (sentimen/kalimat/komentar) yang pas gw teliti ialah sentimen yg berasal dari tweet di twitter.

Terus maksudnya ini apa de? Analisis Sentimen Masyarakat terhadap pemilihan gubernur DKI 2017 menggunakan metode sosial? kok ada pilkada sama medsos nya? hubungannya apa?

Jadi yg gw teliti ialah sentimen masyarakat yang ada di twitter karena tweet2 nya yang membahas pilgub DKI, karena twitter termasuk media sosial, makanya yg digunakan media sosial.

Menggunakan metode support vector machine

ini nama metode nya, atau sistem cerdas nya, dimana program yg gw buat nanti bisa membedakan tweet positif atau tweet negatif, sehingga menghasilkan kiraan berapa persen sentimen positif atau negatif calon gubernur DKI di periode satu waktu itu

Sudah paham belum?

Ya intinya begitulah, lalu langkah2 yang gw kerjakan waktu itu ialah :

1. Banyak download jurnal dan pelajarin jurnal dengan tema yang sama atau metode yang sama

2. Kalau ga puas dengan jurnal, maka gw cari bab 123 nya, atau sampai full skripsi orang itu buat gw pelajarin, gimana ngambil datanya, gimana perhitungan nya, gimana ngolah nya dll

Ini agak ribet sebenernya, soalnya mendapatkan skripsi seseorang full paper nya dari bab 1-5, itu gak semudah membalikkan telapak tangan, butuh effort yg cukup, sampai harus main ke library univ nya, sampai email penulis, nge chat di fb, ig, pokoknya melakukan segala cara untuk bisa dapetin referensi ini, gak sekali juga orang2 itu hanya membalas seadanya, tanpa niat mau membantu, cuman ya gimana lagi, kalau kita gak ada usaha, apa mungkin bisa rampung?

3. Setelah banyak baca referensi, yang gw lakukan ialah memulai menulis bab 123, ditambah mulai mencari data. Untungnya data pada skripsi gw, diambil di twitter, jadi gak terlalu sulit, tinggal buka yang namanya tweet archivist dekstop, lalu sedot2 aja, tweet mana yang mau didownload, biasanya gw ambil dari username nya, misal @aniesbaswedan, maka dihari itu siapapun yang mention akun itu, akan terdownload tweet nya, dan tweet2 itulah data penelitian gw

4. Kalau udah dapet data nya, sempro juga udah tinggal revisi, yang harus dilanjutkan ialah mengolah data ini agar bisa menjadi sebuah hasil, atau prototype nya harus kelar

5. Revisi sempro selesai, waktunya menunggu ujian kompre, lalu mengolah data lagi dan lagi

6. Sampai data udah selesai diolah dan program selesai, maka langkah selanjutnya ialah menulis bab 4 dan 5 nya, dan bisa dikatakan gw gak begitu lama nulis bab 4-5 ini, kayanya ga sampe 2 minggu, tapi kerjaan nya tiap hari nongkrong aja di perpus kampus sambil ngetik, ndak ada yang lain haha

Alhamdulillah nulis laporan selesai waktunya daftar sidang skripsi

Hmm hal yang paling deg deg an, karena sidang skripsi gw bertepatan dengan bulan ramadhan, dan sidangnya ditengah hari, tapi Alhamdulillah sudah dilewati dengan baik

.
.
.
So, begitulah perjalanan si kuning melewati tahap tahap nya, ini masih aja S1 ya, belum S2 dan S3 nanti, semoga Allah mudahkan buat melanjutkan belajar dijenjang berikutnya. aamiin



2 komentar:

  1. Terima kasih karena tulisan pean sangat bermanfaat sekali mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama dek.. jangan lupa di share kalo bermanfaat :)

      Hapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates