Jumat, 30 Maret 2018


Hallo semuanya..

Terhitung gw menulis ini, berarti sudah 9 hari yang lalu berlangsungnya kelas kreatif fahd pahdepie pertemuan keempat. Gak kerasa ya, kelas yang dimulai dari bulan januari, sekarang udah mau April dan minggu depan udah pertemuan kelima aja..

Btw, pertemuan kemarin itu Narsum nya keren banget lho, kita panggil saja Pak Taher.
Jadi, pak Taher ini adalah kepala bappeda kota tangerang selatan. Otomatis karena beliau adalah pemerintah tangsel, pastinya bakalan banyak bocoran-bocoran menarik tentang Tangsel. So, kalau kamu kemarin tidak berkesempatan hadir langsung, semoga tulisan ini bisa jadi referensi kamu kalau mau explore tangsel ya

Judul officially kelas kemarin ialah :

Peluang dan Tantangan Usaha di Tangerang Selatan

Udah kebayang belum? kira-kira pak taher bakalan sharing apa?
Ya, betul sekali. Masih gak jauh-jauh tentang peluang usaha. Kemarin itu Pak Taher memulai sharing dengan persentase tentang Data.

gw sih kalo udah ngomongin data, langsung melek. Ya, gimana gak ON coba, dizaman sekarang ini, yang mahal itu kan data ya, apalagi ini dapet source nya dari orang dalem sendiri. #kerengaktuh?

Jadi di Tangsel itu ternyata jumlah penduduknya  sekitar 1.593.812 jiwa, jauh lebih sedikit lah ya dibanding dengan Jakarta, dengan tingkat kemiskinan yang cukup kecil, yaitu hanya 1,67%, Dan ternyata  badan usaha yang paling besar yang ada di tangsel adalah Restoran. Kebayang gak? income terbesar kota tangsel ternyata dari pajak restoran.. Berarti banyak banget ya resto di tangsel.

Ohiya, pak Taher juga kemarin bilang kalau mayoritas orang-orang yang tinggal di Tangsel itu, ternyata tidurnya aja di Tangsel, tapi Hidupnya di Jakarta. So, udah kebayang belum? kalau kamu mau buka usaha di tangsel, pikirkan fakta ini ya. Beliau juga menjelaskan  bahwa orang-orang kaya di tangsel itu Unik, maksudnya unik disini gimana? Jadi, kalau kamu mau buat usaha coba difikirkan faktor keunikannya, karena kalau kamu memiliki keunikan yang membuat orang-orang itu datang dan bakalan ngomongin ke orang-orang, pastinya usaha kamu bakalan terus naik dan berkembang. Jadi, ga masalah kalau kamu mau pasang harga yang tinggi, karena nanti akan ketemu dengan pembeli nya. Oia, the secret information. Bintaro itu adalah daerah yang paling enak buat Bisnis.

Lalu berbicara tentang Peluang, ternyata ada peluang besar di Tangsel untuk Tempat Wisata. Jadi sih sepertinya karena kehidupan society tangsel itu yang weekday hidup di Jakarta, dan weekend baru dirumah, rasanya tempat wisata itu bisa jadi kebutuhan, dan bisa dikatakan masih sangat sedikit tempat wisata di tangsel. Kalau kamu ada ide untuk buka tempat wisata yang unik dan bisa menyuguhkan pengalaman yang luar biasa buat pengunjung, aku yakin bakalan laris sih. Nanti kasih tau ya di kolom komentar, ide usaha atau tempat wisata yang mau kamu buat :) oke?

Selanjutnya tentang fakta masyarakat tangsel yang berangkat kerja ba'da shubuh dan baru balik ke tangsel ba'da isya, menurut pak Taher kondisi ini bisa dimanfaatkan kalau kamu mau buat usaha kuliner dengan sistem cepat saji atau praktis. Dengan kondisi orang-orang yang ramai pagi-pagi berangkat kerja, sepertinya kalau kamu bikin bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning yang serba praktis dan dijual di dekat stasiun atau shelter bus bakalan laku deh, karena kan logikanya mereka yang pada kerja di Jakarta biasanya belum sarapan kan, nah kalau kamu bisa jualan yang praktis-praktis itu, pastinya worth it lah. Intinya, perhatikan waktunya ya.

dan closing statement dari pak Taher ialah,
Ciptakanlah tempat, dimana tempat itu bisa menjadi memori, dan selalu membuat seseorang akan datang lagi (Taher)
Setelah sharing-sharing tentang rahasia kecil tangsel, acara selanjutnya ialah sharing dari Mas Fahd Pahdepie, masih gak jauh-jauh dari bahasan seputar bisnis, jadi menurut mas fahd yang sudah terjun duluan ke dunia bisnis, beliau menjelaskan bahwa ada 3I yang selalu jadi acuan mas fahd ketika memulai bisnis, mau tau apa aja 3I nya itu? mari kita ulas :


  • #1. Insight
I yang pertama adalah insight. Berbicara tentang wawasan, baiknya sebelum kamu memulai bisnis baiknya kamu riset terlebih dahulu bisnis yang ingin kamu bangun, setelah riset, pastikan di dalam bisnis mu, kamu melihat ada dirimu disana. Maksudnya gimana sih de? Ya, jadi kalau kamu punya hobby misalnya futsal, yang membuat kamu setiap pekan gak bisa kalo gak futsal, baiknya sih ketika kamu mau buat bisnis yang berhubungan dengan hobby kamu, entah itu tempat futsal, atau buat kafe di tempat futsal, dan berbagai macam bisnis yang berhubungan dengan futsal, kamu bakalan enjoy bangun itu, karena di dalam bisnis mu ada kamu disana. Jangan sampai ketika kamu buat bisnis, dan diri kamu ga ada di dalamnya, bakalan hancur sih kaya nya.. atau paling gak cuma berjalan sebentar, gamau kan bisnis yang udah kamu bangun dengan susah payah cuma hidup sebentar?

  • #2. Info
I yang kedua adalah Info. Kalau berbicara Info, rasanya bakalan kembali ngomongin si 'Data', Intinya dari kunci kedua ini, sebelum kamu memulai bisnis, alangkah baiknya kamu kumpulkan semua informasi yang ada, semua data-data yang berhubungan dengan bisnis yang kamu buat, kalau udah kekumpul kamu olah, kamu analisis dan dari hasil analisa kamu, kamu bakalan tau informasi terbaru, sehingga bisnis yang kamu buat juga gak asal-asalan, ada usaha riset yang udah kamu kerjakan. Tapi, jangan berhenti di riset nya aja, yang harus kamu lakukan setelahnya ialah action. Let's do it bro !

  • #3. Imagination
I yang terakhir, Imajinasi. Kata mas Fahd, setiap orang memiliki imajinasi yang berbeda-beda, begitupun frame yang ada di kepala mereka, pastinya beda juga. Untuk itu, jangan takut ber-imajinasi, karena kita tidak pernah tau, jangan-jangan apa yang kita imajinasikan bisa jadi kenyataan. Apalagi berimajinasi itu gratis, kenapa harus takut?

Dari 3 key yang mas Fahd sampaikan, ada satu kalimat menarik mas Fahd yang menurut gw penting banget, yaitu 
"not enough 1 player in great demand. let's collaborate"

Masih bersama mas Fahd, selain 3 key yang ajaib itu. Beliau juga sharing tentang Bisnis Model, ada 4C yang mas fahd jelasin ke kita untuk diperhatikan sebelum memulai bisnis, yaitu 


  • Content
Berbicara bisnis model, langkah awal pasti tentang Ide. Nah ide yang kamu punya, harus jelas content nya apa, oleh karena itu kata mas Fahd, 'Penting dalam meriset content'.

  • Context
Setelah kamu selesai dengan ide yang sudah mantap dan content yang jelas, C yang kedua ialah context, kamu harus paham konteks ruang dan waktunya.

  • Coherence
Pastikan market dan audience itu memiliki keterkaitan yang kuat.

  • Colour
Di Bisnis kamu, baiknya memiliki gaya yang unik, karena itu bisa menjadi nilai tambah. Don't forget to Different, kalau bisnis kamu udah punya warna yang berbeda, ditambah keunikannya cuma kamu doang yang punya, insyaAllah bakalan grow up.

Well, sepertinya udah cukup banyak yah rahasia-rahasia tangsel yang sudah tertulis, dan kunci-kunci keren dari mas Fahd Pahdepie, semoga apa yang tertulis disini bisa bermanfaat buat temen-temen yang baca, terutama buat temen-temen kelas kreatif yang kemarin gak sempet hadir. Semoga kita bisa ketemu di pertemuan kelima ya.

Thankyou for reading..
Mari kita diskusi dibawah :)

Best Regards,
Ade Sofiarani



Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates