Senin, 27 Agustus 2018

Agustus sebentar lagi pergi, ada baiknya sebelum ia benar-benar pergi, ada tulisan baru yang bisa temen-temen baca dan berharap ada manfaat di balik tulisan nya. Kali ini gue bakal bahas tentang

"APRESIASI"

Mungkin bagi teman-teman udah gak asing lagi denger kata ini ya kan? sebuah bentuk cara kita untuk menghargai apa yang orang lain lakukan.  Beberapa minggu yang lalu, gue baru ketemu seorang kakak tingkat dimana beliau berkesempatan untuk bermalam dirumah gue, dan akhirnya kita ngobrol dari malem sampe pagi tanpa tidur, malem itu gue cerita kalau gue lagi ngefans sama salah satu penyanyi lulusan ajang pencarian bakat dan gue ngerasa baru kali ini gue se-ngefans ini sama artis. Ketika gue cerita, doi bilang "wajar kok de, kan kamu mengapresiasi karya nya, dan kamu suka dan support karir dia yang sedang tumbuh ini"

Awalnya gue ngerasa ragu, entah kenapa gak biasa-biasa nya gue bisa suka sama artis, untung nya gak sampe ikut fansbase nya, cuman gue tertarik dengan kehidupan pribadi nya juga, bagi gue dia punya titik dimana gue ngerasa kagum sama yang ada di dirinya dan gue suka sama orang-orang yang ada di sekeliling nya juga, dan yang terpenting dia bisa merubah mood gue yang kala itu negatif dan bisa jadi positif pas liat dia, dan setelah curhat sama kating, akhirnya gue nekat buat liat dia nyanyi di opening cafe, dimana waktu itu malem minggu dan gue beneran nekat sendirian buat nonton dia.

Mungkin bagi beberapa temen-temen gue ada yang berfikiran "wah, ade udah berubah ya sekarang, kayanya dulu ga pernah kaya gitu, sekarang kok bisa suka sama artis yang jelas-jelas ga ada manfaat nya" Tapi, balik lagi ke apresiasi. Gue ngerasa ketika gue ngefans sama sesuatu, gue harus mengapresiasi nya dalam bentuk support dan menjadi fans yang baik. Bukannya dalam hidup juga kita diajarin ya, untuk saling mendukung satu sama lain, dan ini bentuk dukungan gue buat dia, meskipun banyak orang melihat tidak ada manfaat nya, tapi bagi gue ini bentuk 'apresiasi' yang gue berikan terhadap dia yang punya karya.

Tapi, apresiasi itu gak hanya untuk seorang artis kok, apresiasi itu sangat besar pengaruhnya untuk apapun dan disisi sekecil apapun, contohnya aja nih ya. Di twiiter, gue berteman dengan adik tingkat, anak arsitek uin dimana dia suka gambar, dan after dia gambar dia selalu setor gambar ke om @pinot dan kak @ditut, dan mereka bakalan mengapresiasi nya dengan me-like atau me-retweet, kala itu gue juga ikutan reply dan cuma bilang "bagus dek", sesederhana itu bentuk apresiasi gue, tapi lo bisa bayangin gak, semakin banyak orang yang memuji karya dia, semakin semangat dia buat terus buat karya lagi. Bukankah itu sebuah kebaikan dan dampak dari sebuah apresiasi?

Bagi gue, apresiasi itu penting dan alangkah baiknya ditunjukkan jangan di save sendiri, karena kita gak pernah tau "jangan-jangan, kita bisa menjadi alasan orang lain ketika ia tumbuh dengan karya-karya nya, dan bakalan sukses suatu saat nanti".
Who Knows?


4 komentar:

  1. Kirain tulisannya tentang hectic-nya kita di GBK kemaren, wkwkw...

    Btw ngomongin ttg apresiasi, sepakat banget si kalo sekecil apapun itu, mengapresiasi 'apa yg sudah orang lain lakukan' bakal ngasih impact yg hebat (utk kita sendiri dan utk orglain).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah emang di GBK kita hectic yo mbak? wkwk
      ini sengaja pengantar sebelum tulisan asian games hahaha,
      soalnya semalem udah malem banget nulisnya sekitar jam set12, jadi ga kekejar kalau mau nulis itu.. wkwk

      Hapus
  2. Seperti mengucap terima kasih, itu bagai apresiasi tinggi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali mbak. mengucap Terimakasih itu penting dalam kehidupan sehari-hari hahaha

      Hapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates