Kamis, 04 April 2019


Pada suatu hari ada seseorang senior di kampus yang tanya pada gue

"De? Coba kamu ceritain gimana sehari-hari kamu bekerja sebagai Programmer?

***

Baik, 
Tantangan diterima.

Jadi, tepat hari ini 4 April 2019. Gue secara resmi sudah 1 tahun 4 bulan menjalani pekerjaan sebagai seorang Developer Project di perusahaan IT Consultant di wilayah BSD. Bicara tentang pekerjaan sehari-hari maka gue sangat dekat dengan code dari berbagai macam bahasa pemrograman dan setiap hari mainin query di sql server.

Dulu ketika sekolah, kayanya gak pernah kepikiran bakalan bekerja sebagai seorang programmer, apalagi setau gue, seorang programmer itu mostly adalah laki-laki dan gak banyak perempuannya. Tapi memang udah jalan Allah menempatkan gue di suatu ibadah ini, maka alhamdulillah hari ini tepat 16 bulan menjadi seorang programmer.

Kalau ditanya gimana rasanya? 
Ya Alhamdulillah, disyukuri aja atas belajar gratis di sebuah perusahaan dan dikasih jajan setiap bulannya. To be honest kadang gue juga gak nyangka bisa nyemplung di IT Company, karena dulu rasanya pas kuliah pengen cepet-cepet lulus S1, lalu lanjut lagi ke S2 dan mau ibadah sebagai seorang dosen di kampus. Ya, dosen IT sampai detik ini masih jadi cita-cita gue yang belum kesampaian, tapi insyaAllah masih bisa dikejar terus (doain ya readers).

So, back to topic
terkait bagaimana sehari-hari gue bekerja, sebenarnya sama dengan orang-orang pada umumnya, yang dateng ke kantor jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore, begitupun dengan kantor gue. Gue dateng ke kantor sebelum jam 9, dan pulang setelah sholat magrib (6.30pm). Biasanya yang gue lakukan ketika dateng ke kantor ialah, absen finger, taro helm, naik ke lantai 3 dan ambil laptop kerja gue di lemari. Karena gue punya peliharaan ikan cupang di meja kerja, maka seringkali sebelum membuka laptop, yang gue lakukan ialah kasih sarapan ke cupang-cupang gue dulu, barulah gue buka laptop.

Sama kaya orang-orang, ketika buka laptop yang pertama kali gue cek ialah email, biasanya ada tasks yang kemarin atau hari ini baru di assigne ke gue, dan harus gue kerjain hari ini. Setelah cek email, gue biasanya langsung ngisi timesheet buat nulis jam berapa tadi gue dateng ke kantor, gue seharian bakalan ngerjain kerjaan apa, terus gue kira-kira hari ini mau pulang jam berapa.

Officially gue mulai start kerja banget dari jam 9.30 sampai jam 12.00 siang, itu kerjanya ya ngoding, atau main di query SQL, terus ngerjain report-report yang di assign ke gue buat publish ke sistem atau benerin bugs-bugsnya client. Intinya ya banyaklah,kalau kerjaan mah, malahan aneh ya, kalau kita bekerja tapi malah gak punya kerjaaan. hahahaha

Oia alhamdulillah di kantor juga biasanya pagi-pagi udah disiapin minum sama ob dan bisa request mau teh atau kopi, kalau gue sih selalu minta air mineral, jarang banget pagi-pagi ngeteh atau ngopi. Terus sebelum jam 12, ya sekitar jam setengah 12-an, biasanya ob juga naik lagi ke ruangan buat nanyain mau makan apa (mau nitip apa), karena gue team bekal , maka bisa dikatakan gue jarang banget nitip makan, dan lebih sering makan makanan rumah yang udah dibawa dari rumah.

Terus, kalau diatas jam 12 makanan kita belum dateng, biasanya gue dan temen-temen selantai sholat djuhur jamaah dulu, dan setelah itu baru makan. Istirahat satu jam, kadang gue habis makan ke sebrang (mall teras kota), buat jajan atau sekedar beli buah di super indo, itupun juga patungan sama temen biar hemat hahahah

Setelah jam istirahat, maka back to reality. Gue akan kembali ke depan layar laptop dan berjibaku dengan code-code lagi. Kadang ngerasa waktu sih cepet banget ya , tiba-tiba aja udah mau ashar. Temen-temen gue yang cowok itu udah pada wudhu, kepalanya udah pada basah dan gue pun juga bakalan berusaha bergegas biar dapet jamaah sholat ashar sama mereka.

Dulu kelar sholat ashar, kita biasanya patungan buat beli jajan, entah itu rujak atau martabak, dan yang paling sering dan selalu jadi yang terfavorite ialah gorengan haha #hidupgorengan.

Kembali kerja lagi, maka menuju jam 17 adalah waktu yang paling berasa lama menurut gue, haduh pengen balik rasanya, tapi sadar kerjaan masih belom selesai. Biasanya anak-anak kantor tuh jam segitu masih pada sibuk di laptopnya masing-masing, padahal mah aslinya udah pusing, apalagi  kalo gue ngeliatin code-code #yaAllahNasib 

I am enjoying my job as a programmer so far, meskipun ditengah-tengah banyak tantangan, dan segala macam drama kerjaan yang pernah bikin nangis juga. Tapi begitulah hidup ketika belajar kata Allah harus banyak makna yang bisa kamu petik buat di masa yang akan datang. And like a kids, i think my office is my playground. Gue selalu bersyukur bisa kerja dengan orang-orang yang selalu bikin gue capek karena ketawa, capek menikmati jokes-jokesnya yang kadang diluar logika, tapi kalau sepi haduh rasanya gak semangat dah kerjanya.

Sampai sini kayanya cukup ya curhatan yang masuk ke dalam list topic blog yang gue ingin post, semoga dari cerita ade ada manfaat yang bisa dipetik. kalau ada yang bermanfaat jangan lupa di share, dan seperti biasa ade suka banget baca-baca komentar kalian. Maka mari kita diskusi dibawah.

Bye semuanya
See you on another post (insyaAllah)



Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates