Jumat, 17 Oktober 2014


Adakalanya kita letih dengan yang namanya belajar, atau sekedar untuk membaca buku, bahkan baca buku yang ringan pun kadang otak kita menolak itu. Aku mempunyai pengalaman yang luar biasa hari ini terkait dengan semangat belajar, sekarang umurku 19 tahun, dan masih menempuh pendidikan s1 di salah satu kampus negeri di kota apel. Tadi siang, saat aku ke perpustakaan kampus dengan berniat mengembalikan buku, aku mendengar percakapan antara petugas perpus dengan seorang bapak tua yang aku kira umurnya sudah lebih dari 50 tahun, dan kalimat terakhir yang aku dengar dari mulut pak tua itu ialah "saya pinjam buku ini ya mas". Lalu pak tua itu pergi mengelilingi perpustakaan, sambil membawa buku merah yang dipinjamnya tadi. Dan saat aku mengembalikan buku ke petugas perpustakaan yang tadi mengobrol dengan bapak tua, beliau bilang kalau bapak tua itu mahasiswa s3, dan umurnya sekitar 60 tahun , aku sedikit terkejut mendengar perkataan bapak petugas tentang pak tua, batinku begitu luar biasa sekali bapak tua ini, semangat belajar nya itu loh bikin aku malu sendiri, lalu petugas perpustakaan juga bilang "saya salut mbak, sama bapak tua itu, semangat belajar di usia tua yang sudah jarang ditemui lagi namun baru saja saya lihat" ucap mas petugas perpustakaan..

Aku pun tersenyum sambil berfikir, alangkah hebatnya sebuah bangsa jika para orang tua, masih semangat untuk belajar, menuntut ilmu, bahkan kalau bisa sampai hari hayat nya. Aku begitu berkaca pada diri ini, di usia ku yang terbilang masih muda dan belum berkepala dua, aku sering mengeluh dengan tugas yang menumpuk, dengan materi kuliah yang semakin sulit, dan banyak yang membuatku menjadi takut untuk melangkah. Padahal, sesungguhnya semua itu pasti akan kulewati,sulit atau mudah.

Hari ini, pak tua itu mengajarkan sebuah pelajaran yang langsung bisa aku lihat contoh nyata nya, kalau dalam belajar itu tiada kata telat, berapapun usiamu sekarang, buku tidak akan menolak untuk kamu baca, bagaimanapun kondisimu sekarang, buku juga tak akan memilih-milih siapa saja yang harus membaca nya.

Karena dalam belajar itu yang dibutuhkan hanya niat menuntut ilmu dan semangat pantang menyerah, tak ada yang namanya sulit dan tidak bisa, semua itu pasti ada jalan keluarnya..

Terima kasih pak tua atas pelajaran yang begitu berharga nya hari ini, meski aku tidak langsung berinteraksi dengan bapak, tapi dengan melihat semangat bapak untuk belajar sudah membuat aku malu dan membuat semangat belajar di diriku bertambah lagi.
:)

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates