Rabu, 11 Februari 2015

Ini Jadwal mata kuliah gue di semester 3

Ini pesan berharga dari keponakan gue yang gue sayang, namanya shafa, dan ini pesan nya di kertas manga yang digambar buat gue.




Alhamdulillah, gw sekarang sudah memasuki semester 4, berarti semester 3 nya udah lewat dong yah? Alhamdulillah, sudaaah…
Nah, karena udah lewat gw mau cerita tentang semester 3 gw yang begitu luar biasa, mau tau? Kenapa gw bilang luar biasa? Yukk simaaak…

Semester 3, adalah semester dimana lo udah ngelewatin 2 semester yang bisa dibilang semester permulaan di kampus, semester di mana mata kuliah yang di ambil masih ngajak sahabatan sama lo, karena masih bisa lah lo taklukkin, so pasti IP masih aman dong, ya diatas 3. Tapi, just to know.. 

Semester 3 adalah semester awal lo akan bertemu dengan matkul yang mulai menjurus ke jurusan yang lo ambil, kalo lo ambil jurusan informatic engineer kaya gw, berarti matkul nya bakalan banyak tentang TI nya, kalo lo ambil jurusan Architechture berarti bakalan banyak matkul yang emang original arsitektur nya, gak kaya semester 1 sama 2, matkul nya masih umum-umum kaya bahasa Indonesia, sejarah peradaban islam, ilmu social dan budaya dan lain lain..

Nah, gw bisa bilang semester 3 adalah pintu gerbang jurusan lo, kalo lo di semester 3 oke-oke aja, asik-asik aja, enjoy-enjoy aja, berarti Congratulation yaaa.. Selamat lo berada di jurusan yang sesuai passion lo, tapi kalo di Semester 3 lo kuliah banyak galau nya, banyak bingung nya, dan banyak gak ngerti nya? Lo harus Tanya diri lo, ini jurusan sesuai passion gue bukan ya? Kalo lo udah dapet jawaban dari diri lo sendiri, dan jawaban itu memang bener-bener dari hati lo, lo harus ngikutin jawaban itu, andaikan jawaban lo ternyata jurusan yang gw ambil bukan passion gue, wah lo harus bangun man.. lo harus flashback kenapa lo udah setahun lo baru sadar kalo jurusan lo gak sesuai dengan passion lo, dan lo harus ngapain abis ini? Ssstttttt kalo masih mau bahas ini kita lanjut PM aja kali ya, atau di komentar juga boleh, sekarang gw mau fokus cerita tentang semester 3 gw yang luar biasa.. haha

Semester 3 gw, gw tinggal di Kontrakan, bukan di Mahad lagi (read:asrama), semester 3 gw harus pindah karena mahad Cuma wajib 1 tahun doang. Dan, kontrakan gue yang sekarang jaraknya ya lumayan lah dari kampus gw, kalo jalan kaki 15-20 menit, kalo naik sepeda 10-15 menit, kalo naik motor 5-10 menit, kebayang kan? Gue kuliah kadang jalan kaki, kadang naik motor, tapi Alhamdulillah nya lebih sering naik motor sih, entah itu nebeng sama mbak2 atau pinjem motor nya.. hahaha

Nah, di kontrakan ini, komposisi nya 7 orang, dan gw satu-satu nya anak saintek, alias gw TI sendirian mannn…
gw gapunya temen ngoding bareng, gw gapunya temen sharing bareng (maksudnya sharing tentang coding-coding gitu), tapi entah kenapa gw betah banget di kontrakkan, ketemu sama orang-orang yang se visi sama gue, meski gak sejurusan, setidaknya teman-teman kontrakan gue itu orang-orang yang ngajak ke Syurga semua lah, mereka keluarga yang gue sayang, pake banget, makanya gue selalu suka di kontrakan daripada main sama temen-temen jurusan gue. Hahaha

Semester 3, adalah semester yang pertama kalinya gue ambil 24 sks, meski teman-teman gw kemarin pas semester 2 udah pada ngambil 24 sks, gw masih stay di 22 sks karena mau focus mahad sama ppba (program pengembangan bahasa arab), dan result nya sesuai yang gue planning kan, ppba gw A semua, mahad gue juga banyak jayyid jiddan.. Alhamdulillah Yaaah.. rezeki anak sholehah emang wkwkwk tapi meski gitu parahnya IP gue turun… nyebelin kan :( wkwkw

Nah, di semester 3 ini, saat gw coba ngambil 24 sks, gw bismillah lah di awal. Ada 2 praktikum, yang dulunya 1 praktikum sekarang ada 2 praktikum nya. Jadi gue harus pake dresscode putih-hitam kalo praktikum, seminggu 2 kali. Gak enak menurut gue, kaya ospek haha

Di Semester 3 ini, jadwal gw hampir samaan semua sama temen gue yang namanya Fitri Zakiya, pas kita KRSan soalnya bareng, meski ada 1 hari yang beda, but all of that is same lah. Fitri temen gue dari semester 1, kita semahad juga dulu. Jadinya semester ini kita pengen bareng.

Kalian pasti bertanya-tanya ya? Kok tulisannya masih gak nyambung sih sama judulnya, katanya semester 3 yang luar biasa, tapi apa yang luar biasanya hayoo?

Nah, sekarang gue akan cerita apa aja sih yang menurut gue amazing di semester 3 ini :

Pertama :
Semester 3 gue, hampir tiap hari masuk jam 6.30. dan you know what? Kalo masuknya aja jam 6.30 berarti gue harus berangkat jam berapa? Lo liat diatas jarak antara kontrakan gue ke kampus berapa menit kalo jalan kaki, andaikan gue ngebut aja jalannya berarti gue harus berangkat paling tidak ya jam 6.15 lah. Dan perkiraan gue, gue Cuma 30% jalan kaki pas berangkat kuliah pagi, soalnya 10 % nya naik kendaraan umum, dan sisanya gue naik motor. Dan naik motor ini, bukan secara normal layaknya, kita akhwat-akhwat semester 3 yang masuk jam 6.30 harus naik motor ber-3 di satu motor, alias cengtri. Soalnya motor juga bukan milik kita, tapi milik mbak semester 7 yang udah jarang kuliah (read: her name is husna, and we call mba husna) atau kita suka dianterin sama mba husna, doi baik banget kan? Haha keren emang. 


Kalo kita jalan kaki, banyak seru sih , banyak untungnya juga, kita olahraga pagi-pagi, tapi kalo gak punya energi ya pegel juga lah (lumayan). Nah karena di malang gak banyak trotoar buat jalan kaki, jadi kalo kita jalan kaki, kita sangat dekat gitu sama kendaraan di jalan, bahkan gue pernah hampir di serempet sama mobil sedan hitam pas mau berangkat kuliah, ya arena jarak nya emang deket banget. Jadi harapan gue semoga kota malang semakin hari fasilitas nya semakin baik ya, kalo bisa udah ada trotoar buat pejalan kaki pas nanti abis lulus gue balik lagi. Haha.  Terus, gw juga ngelewatin warung masakan padang kalo mau berangkat kuliah, pas gw jalan kaki, aroma sayur nangka sama daun singkong itu langsung meresap di hidung gue, dan gak enak nya kalo gue belum makan, jadi nih perut kayak minta sarapan tapi kondisi ya ga mungkin, soalnya kalo gue mampir buat makan, ya pastinya gue telat masuk kelas, jadinya nanti di absen deh. Sayang kan?

Jadi intinya kalo kuliah jalan kaki, gue harus sarapan dulu, biar energy nya gak habis buat jalan, dan pas di kelas bisa maksimal kuliah nya :D (ini juga saran buat yang kuliahnya jalan kaki)

Kedua :
Masih ada hubungannya sama jalan kaki, kalo diatas gue cerita tentang berangkat kuliah nya, sekarang gue cerita kalo pulang kuliah. Kalo Pulang nya siang dan jalan kaki, itu emang harus sabar banget. Soalnya meski malang kota nya dingin, tapi siang nya gak ada bedanya sama Jakarta, sama-sama terik dan berdebu. Jadi kalo gue pulang siang-siang, agak males gitu kecuali ada yang bersedia jemput, dan biasanya temen-temen kontrakan gue ini baik banget, mereka yang dirumah gak ada kesibukan dan ada motor biasanya mau jemput gue kuliah, keren kan ukhuwah nya? Haha

Kalo tadi pulang kuliah nya panas-panas, sekarang pas hujan-hujan. Nah, malang itu kalo hujan dingin banget.. Jadi gue pernah sedikit menggigil dan flu pas pulang kuliah hujan-hujan, meski gak hujan besar, tapi gerimis-gerimis cantik nya itu yah bisa bikin baju gue basah sih. Haha

Ketiga :
Ngomongin praktikum juga agak gimana gitu di semester 3 ini, meski praktikum nya Cuma dua. Tapi lumayan lah tasks nya..
ada praktikum yang harus nulis laporan tulis tangan kertas a4 pulpen biru ber belas-belas lembar sampe ber puluh-puluh lembar (ada), ada juga praktikum yang asik karena laporan nya di blog, tapi bikin gue sering begadang karena nulis laporan nya pas hari deadline nya (parah kan gue ; jangan ditiru ya) haha

Nah, semester 3 ini, gue dapet musibah besar banget, dan bukan yang pertama. Tapi yang kedua kali nya, gue emang ceroboh banget. Jadi ceritanya gini :

pas gue pulang ke Jakarta sebelum UAS karena kakak gue dari SG balik, dan gue mau ketemu ponakan baru gue. Gue akhirnya memutuskan buat balik ke Jakarta sekitar 4 hari. Dan salahnya gue naik BUS. Ini kesalahan besar gue dan gak akan gue ulangin lagi (janji !)

Nah pas mau berangkat ke Jakarta aja, gue itu galau berat, tugas praktikum belum dikumpulin dan udah mau UAS. Dan Project Akhir Praktikum gue belom kelar disaat temen-temen kelas gue yang sudah pada ngumpulin, kebayang kan perasaan gue? Harusnya tugas ini bisa selesai, tapi gue malah harus nunda selesai nya karena harus balik kerumah.

Jadi gue galau berat gitu pas mau pulang, sedangkan gue udah beli tiket bus yang lumayan mahal sekitar 320rb. Harusnya gue emang berfikir dengan matang. Dan hidup gue H-2 sebelum pulang itu bener-bener acak-acak kan, gue nginep di tempat kos temen gue, yang beda-beda, gak tidur, gak mandi, gak makan, hidup Cuma di depan laptop dan nge-rangkai lampu-lampu. Cuma demi tugas akhir.. Hikss..

Dan pas gue mau berangkat, sebelum djuhur. Gue masih galau lagi, bawa laptop atau enggak. Soalnya pulang nya Cuma sebentar, dan kalo gak bawa laptop tugas gak bisa sambil dikerjain dirumah, dan hasil nya gue memutuskan bawa laptop, dan di perjalanan itu lah laptop gue dituker orang dengan buku. Ya salah gue juga emang, gue naro laptop di tas yang tidak bergembok dan ditaro di atas kursi bus, dan pas makan gue tinggal. Ceroboh !
Gue gak pernah berprasangka buruk atas kondisi-kondisi yang mungkin terjadi, gue salah emang, gak pernah belajar dari kesalahan masa lalu :"(
Semoga ini yang terakhir kali nya, dan jangan pernah lagi ada kehilangan apapun dalam hidup gue. (semoga : Aamiin)

Ini laptop gue yang gue perjuangin dengan susah payah dan hilang :'(
Pas di rumah, gue Shock berat pas buka tas gue, ternyata jadi 2 buku. Bukan laptop yang harusnya gue bawa, laptop yang gue beli sendiri dengan nabung lebih dari 7 bulan, so sad and sorrow :’(

Keempat :

UAS kemarin, gue ngerasa UAS tersulit tapi Alhamdulillah nya dengan kekuatan dan pertolongan langit gue bisa melalui nya dengan baik. Jadi, pas gue pulang ke Jakarta. Gue ketemu buku yang judulnya “Agar Ujian di Tolong Allah” fokus di buku ini emang ujian yang berhubungan dengan pendidikan ya, jadi bukan ujian hidup yang kayak gue alami di atas. Hehe

Nah isinya itu tentang pertolongan langit kalo kita lagi Ujian, jadi faktor X yang bisa bantu kita dalam ujian. Dan kemarin, 90 % dari isi buku nya benar-benar gue coba. Dan Alhamdulillah, semua seperti yang gue harapkan, gue bisa dapet IP Cumloude buat semester 3 dengan pertolongan langit. Kaya (Sholat Tahajud,Sholat Dhuha, Shaum senin-kamis, Sedekah, Selalu telpon orang tua kalo mau ujian, minta doa beliau. Dan banyak lagi, kalo mau tau isi buku nya, kapan-kapan gw share insyaAllah di blog ini. Tunggu aja yaa.. hehe



Nah, banyak pelajaran banget kan di semester 3 gue ini, luar biasa lah pokok nya, apalagi pas gue tahu berapa IP temen-temen gue, yang ekspektasi gue awalnya besar karena mereka keren dan ekspert2 pas kuliah, terus rajin nya luar biasa gak kayak gue yang jarang belajar, jarang ngoding, jarang ngumpul sama temen2 jurusan, deadliner dan macam2. Tapi ternyata dibawah gue, agak aneh awalnya tapi yang pertama harus bersyukur dan semakin mendoakan temen-temen gue, biar pada bagus IP nya buat next semester. Tapi IP bukanlah segala-galanya ya guys, IP itu hanya bonus dari ilmu yang lu dapet. Jadi, tetap utamakan belajar karena mencari ilmu dan menguatkan skills.. ngomong-ngomong skills, skill apa ya yang udah gue punya? Kadang gue juga masih bertanya-tanya dan terus mencari skill yang bisa jadi passion gue, tapi ya semoga dapet dalam perjalanan ini deh. Aamiin..

Wah sebenarnya masih banyak hal-hal luar biasa di semester 3 ini, tapi kayaknya cukup segini aja deh yaa.. ini aja udah panjang bangeet, daripada bosen bacanya, mending kita ngobrol di tkp yang lain ya, gue orang nya welcome kok, mau ngobrol apapun bebas.. haha.. semoga bermanfaat dan ada pelajaran yang bisa diambil ya..
Bye sholeh dan sholehah…

9.31 AM
11 februari 2015
@ 3K (kamar kecil kuning) Malang
J

2 komentar:

  1. Semoga laptop yang hilang segera punya Adik baru ya ... (^_^)

    jika semester III saja udah luar biasa, semester IV harusnya lebih wow banget...
    4 praktikum, serasa jadi anak TI pakek buanget

    BalasHapus
  2. 고생 많이 했다!!! 난 말을 많이 안 했지만 여기에서도 항상 응웡할게 ;)

    BalasHapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates